Review OPPO Find X : Kamera Geser Impresif

Ahmad Aryanto
Total
4
Shares

Review Android – Setelah absen empat tahun, Oppo kembali memperbarui lini Find. Sejumlah inovasi baru pun dihadirkan vendor asal China ini dan siap menggoda para pecinta gadget di seluruh dunia.Oppo Find X resmi dirilis di Indonesia lewat peluncuran yang dihelat di Jakarta, Rabu (18/7/2018).

Oppo membanderol smartphone flagship terbarunya di angka Rp 12.900.000.Harga Oppo Find X di Indonesia lebih rendah dibandingkan pertama kali diperkenalkan di Paris,Prancis akhir Juni lalu.Di benua Eropa ponsel ini dibanderol dengah harga 999 Euro atau lebih dari Rp 16 juta.Penurunan harga ini merupakan bukti keseriusan pihak Oppo untuk memperluas bisnis gadgetnya di Indonesia. Tidak sabar melihat tampilan dan spek Oppo Find X? Berikut adalah spesifikasi gadget ini.

Tampilan

Review OPPPO Find X di Indonesia(Detail) - PonselNow
Sekilas jika diliat OPPO Find X akan teringat dengan Samsung Galaxy S9.Dikarenakan Oppo juga membuat tepian bagian layar melengkung, mirip yang dihadirkan Samsung pada ponsel flagship-nya itu. Oppo Find X berbalut material kaca pada bodi belakang ditopang dengan rangka metal di bagian pinggirnya.Dibagian belakang,kamu dapat melihat warna yang indah dibagian pinggirannya. Yang ketika tertimpa matahari akan memberikan efek Monochrome Biru, Ungu atau pun hitam violet.

Alhasil Oppo find X terlihat seperti produk gadget masa kini.
Review OPPPO Find X di Indonesia(Detail 2) - PonselNowKaca lengkung tersebut juga sama dengan yang ada didepannya sehingga membuat kita tidak susah memegang gadget tersebut.Walaupun bentuknya terlihat bongsor akan tetapi besarnya tidak lebih besar dari Iphone 8 plus, yang membuatnya lebih mudah dibawah di kantong celana kita.
Jika dilihat lagi dibagian depan Oppo Find X tidak ditemukan notch seperti gadget lainnya.

Yang membuat gadget depan tersebut sepenuhnya menjadi layar.Tapi jangan takut dulu,bukan berarti ia tidak mempunyai kamera. Dengan sentuhan dan tarikan sedikit maka anda akan melihat kamera tersebut. Keren bukan? Akan tetapi model tersebut jika dilihat mudah mengurangi umur gadget/ kemasukkan benda asing lainnya.

Review OPPPO Find X di Indonesia(Detail 3) - PonselNowUntuk membuka gadget tersebut menggunakan facial recognition yang sangat mudah sekali. Bahkan ketika anda tersenyum, cemberut atau pun menggosok gigi tetap mengenali anda. Fitur ini memang lebih cepat ketimbang Iris Scanner yang dimiliki Samsung galaxy S9, adalah hal yg bagus. Akan tetapi OPPO Find X tidak memiliki fingerprint unlock.

Layar

Review OPPPO Find X di Indonesia(Layar) - PonselNow
Inovasi yang ditawarkan OPPO dengan Find X terletak pada desain kamera gesernya yang merupakan pertama untuk sebuah ponsel Android.
Bagi yang pertama kali melihat OPPO Find X, akan disuguhi dengan layar berukuran penuh yang nyaris tidak berbingkai. Menariknya, tidak ada lagi poni yang sering memotong bagian di layar saat menjalankan beberapa aplikasi tertentu yang membutuhkan layar penuh.

Review OPPPO Find X di Indonesia(Layar 2) - PonselNowOPPO menyebutkan rasio layar ke luas bodi mencapai sekitar 93%, atau nyaris semua bagian depan berupa layar. Ini membuat bagian depan Find X didominasi layar, dengan bingkai lebih tipis jika dibandingkan iPhone X sekalipun.

Memiliki layar 6.42-inch AMOLED Screen, 1080 x 2340 resolution dan sama sekali tidak memiliki notch(warna hitam yang membatasi layar). Membuat flagship ini sangat diidamkan untuk menonton / bermain game dikarenakan jangkauan layarnya yang tak terbatas. Dengan semua itu maka akan menghasilkan tampilan yang sangat catchy di mata.

Kemampuan Gadget
Review OPPPO Find X di Indonesia(Performa) - PonselNow
Sebagai ponsel flagship dengan harga belasan juta rupiah, tak heran jika OPPO Find X memiliki spesifikasi yang amat baik. Anda akan menemukan paduan chipset Qualcomm Snapdragon 845, RAM 8GB dan memori internal 256GB. Ini menjadikannya sebagai ponsel dengan memori 256GB paling murah di Indonesia saat ini.

Dengan kemampuan ram 8 GB , Processor Snapdragon 845 sudah tidak diragukan lagi bahwa OPPO Find X memiliki performa yang cepat dan lancar. Degan internal storage 256GB anda dapat menyimpan data yang menumpuk / memory berfoto anda. Akan tetapi tidak disediakan slot external memory, dikarenakan flagship ini memiliki internal storage yang mumpuni.

Setelah melihat skors Benchmark, Oppo memiliki skor yang cukup tinggi yaitu sebesar 278,432 dan Geekbencch 4 CPU: 2,077 single-core; 7,702 multi core. Dengan kemampuan seperti anda dapat memainkan beberapa game seperti PUBG dengan high quality dan framerate diatas rata-rata.

Software
Oppo ColorOS adalah salah satu operasi system terbaik yang dimiliki oleh android.Secara dilihat tampilan sudah hampir sama dengan Iphone yang tidak memiliki App drawer.Karena anda menggunakan android tentu saja dapat menginstall app drawer akan tetapi itu tidak dianjurkan. Karena dapat membuat gadget tersebut freeze dan membalikkan kembali ke ColorOS launcher.

Kamera
Review OPPPO Find X di Indonesia(Kamera) - PonselNow

OPPO Find X memiliki sensor yang mendeteksi saat aplikasi membutuhkan kamera. Lalu dalam waktu kurang dari 1 detik, kamera akan bergeser keluar. Mekanisme pergeserannya mulus dan cepat. Sensor ini juga dapat mendeteksi saat ponsel bergerak dengan amat cepat. Jadi jika ponsel jatuh dalam kondisi kamera terbuka, maka sensor akan mampu mendeteksi dan mengembalikan kamera ke tempatnya sehingga mengurangi resiko terbentur.

Dengan desain kamera gesernya, Anda harus mewaspadai posisi jari saat memegang ponsel. Terlalu ke atas, jari akan bisa terjepit saat kamera turun kembali ke tempatnya. Kamu dapat menguji ketahanan mekanisme kamera gesernya secara singkat. Anda bisa membuka paksa kameranya agar “keluar” dari persembunyiannya, walaupun kamera akan kembali lagi bersembunyi.

Review OPPPO Find X di Indonesia(Kamera 2) - PonselNowSalah satu fitur yang diunggulkan dari Oppo Find X dari yang lainnya adalah kamera, dengan kamera belakang 20MP/16MP f / 2.0 rear setup, kamera depan 25MP untuk selfie , 3D Depth sensi, serta Emoji animasi yang akan membuat fotomu semakin menarik. Walaupun memiliki kamera yang mumpuni secara fotografi, akan tetapi sudah cukup bagus untuk memfoto dalam keadaan terang.

Seperti kamera lainnya juga terdapat mode beautification, penghalus wajah dan membuatnya tidak realistik. Terdapat juga Artificial Intelligence untuk mengetahui panorama/ benda apa yang sedang di potret, ini belum sempurna akan tetapi AI akan terus berkembang.
Sama juga seperti Iphone, memiliki stiker imut dan animasi-animasi lucu lainnya untuk menemani hari-hari lelah kamu.

Baterai tahan lama dengan pengisian ekstra cepat

Review OPPPO Find X di Indonesia(Baterai) - PonselNow
Baterai merupakan hal yang krusial untuk sebuah smartphone dan OPPO mengerti hal itu. Baterai berkapasitas 3730mAh pada OPPO Find X mampu bertahan hingga sekitar 12 jam dengan pola pemakaian yang cukup berat, mulai dari memotret, merekam video, bermain game, download aplikasi, dan mengakses media sosial. Jika itu masih kurang, pengguna bisa memanfaatkan teknologi pengisian super cepat yang dimiliki OPPO Find X yaitu VOOC Flash Charge.

Menurut OPPO, Anda bisa mengisi baterai Find X hingga 50% dalam waktu 30 menit. Dari pengujian, pengisian baterai OPPO Find X dari kosong hingga penuh akan membutuhkan waktu sekitar 90 menit. Bahkan dalam kondisi darurat, Anda hanya perlu mengisi baterainya selama 5 menit untuk dapat digunakan menelpon hingga 2 jam

 

Spesifikasi OPPO Find X
Dimensi Ukuran: 156,7 x 74,2 x 9,4 mm
Berat: 186 gram
Layar Ukuran: 6,42 inci
Resolusi: 2340×1080, 401ppi,
Tipe: AMOLED, 60000:1, Panoramic Arc Screen
Kamera Depan Resolusi: 25MP
Diafragma: f/2.0
Sensor: Sony IMX 576
3D Structured Light
Sensor-HDR
3D Emoji
3D AI Beauty Technology
AI Portrait Mode
Kamera Belakang Sensor: 16MP dan 20 MP
Diafragma: f/2.0 dan f/2.0
Sensor: Sony IMX 519+ dan IMX 376k
AI Recognition, AI Beautification, AR stickers, AI Portrait Mode, RAW HDR
Resolusi Video: 1080P pada 240fps dan 720P pada 480fps
Piranti Keras CPU: Snapdragon 845
CPU: 4×2.8 GHz Kryo 385 Gold + 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver
GPU: Adreno™ 630
RAM: 8GB LPDDR4X
ROM: 256GB
BAT: 3.730mAh (tipe)
Jaringan 4G/4G+: TD-LTE, LTE FDD;
3G: WCDMA
2G: GSM
WLAN 802.11a/b/g/n/ac
Bluetooth 5.0
Warna Bordeaux Red atau Glacier Blue
Sistem Operasi ColorOS 5.1 (Android 8.1)
Pengisian Daya VOOC Charge
Lainnya Google Assistant
Sensor: magnetic sensor, light sensor, distance sensor, gyroscope, gravity
Port: USB Type-C support OTG
Slot kartu SIM: Dual Nano-SIM cards

Skors:
Design = 10
Performa = 9
Camera = 9
Baterai = 9
Fitur = 8
Ketahanan / Durability = 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like