Vivo V11 Pro Review: Eksklusif dengan Screen Touch ID!

Ahmad Aryanto
Total
5
Shares

Review Smartphone – Setelah V9 menjadi smartphone layar poni pertama yang dijual di Tanah Air, kini lewat V11 Pro Vivo kembali menjadi yang pertama meluncurkan perangkat dengan sensor sidik jari di bawah layar. Penasaran seperti apa? Langsung saja simak ulasan PonselNow berikut lengkapnya!

Design Yang Memukau:
Jika dilihat langsung Vivo memiliki desain yang cukup besar, akan tetapi secara mengejutkan tidak berat seperti Premium flagship seperti Nex. Vivo V11 Pro tampil dengan wujud yang sedap dipandang mata. Secara desain memang tidak terlalu banyak perubahan dibanding V9, karena kami masih melihat DNA yang mirip di beberapa bagian. Meski begitu, tentunya Vivo tetap melakukan perombakan untuk menyempurnakan desain V11 Pro dibanding produk sebelumnya.

Vivo V11 Pro Review - PonselNow
Yang paling mudah terlihat adalah bagian depannya. Anda akan menemukan layar Ultra All Screen 6,41 inci dengan poni yang kini jauh lebih kecil dan hanya diisi oleh kamera selfie dan sensor infrared. Dipadukan dengan bezel yang tipis, Vivo V11 Pro memiliki ratio screen-to-body yang cukup fantastis, yakni 91,27 persen!

Dimensi smartphone secara keseluruhan juga tidak berlebihan meski layarnya ekstra besar. Bagi kami, ukuran bodinya masih memungkinkan untuk pengoperasian dengan satu tangan. Kontur bodi bagian belakangnya yang melengkung juga pas di genggaman tangan.

Vivo V11 Pro Review 2 - PonselNowWalaupun demikian, terkadang bodi belakang ini terasa sedikit licin dan mudah kotor oleh sidik jari. Memang mudah dibersihkan, tapi solusi paling gampang adalah dengan memasang softcase yang sudah termasuk dalam paket penjualannya.

Satu hal yang paling membuat Vivo spesial adalah pilihan warnanya. Vivo menyediakan dua opsi, yakni Starry Black yang terinspirasi dari suasana malam hari yang dipenuhi bintang, serta Nebula Purple yang merupakan warna cahaya yang dipancarkan oleh bintang-bintang di galaksi.Vivo V11 Pro Review 3 - PonselNow

Kedua warna tersebut memiliki gradasi yang membuat tampilannya lebih eye-catching. Meski material yang digunakan belum metal (masih polycarbonate), penggunaan warna seperti ini ternyata mampu memberikan kesan mewah.

Display

Vivo V11 Pro Review Display - PonselNow
Untuk layarnya Vivo V11 Pro tidak diragukan lagi memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang display, dengan yang pertama kali di V-series mendapatkan notch “waterdrop” dengan teknologi fingerprint saja akan tetapi memiliki layar Super AMOLED juga, yang dimana terlihat keren dan efisien juga. Dengan resolusi Full HD+ dan aspect ratio 19.5:9. Bezelnya berukuran berukuran 1,76 mm di sisi samping dan 3,8 mm di bagian bawah.

Dengan layar selebar ini, menikmati konten apapun akan terasa lebih memuaskan, mulai dari browsing, mengakses media sosial, menonton video, hingga bermain game. Tampilannya juga tajam dengan warna yang cemerlang khas panel Super AMOLED.

Keuntungan lain dari penggunaan Super AMOLED adalah tingkat kecerahannya yang tinggi, sehingga memudahkan Anda untuk melihat konten pada layar saat sedang berada di bawah sinar matahari.

Untuk menjaga mata agar tidak cepat lelah, Vivo tak lupa menyediakan fitur Eye Protection yang ketika diaktifkan akan mengurangi emisi cahaya biru. Yang menarik, fitur ini bisa diatur jadwal aktifnya secara otomatis tergantung keinginan Anda. Bukan cuma itu, temperature warnanya juga bisa Anda atur sendiri.

Jadi, Smartphone ini bukanlah yang terbaik dalam al display akan tetapi ini cukup pantas dengan harga yang kamu bayar. Menunjukkan warna yang cerah dan level display yang impresif. Sebagai Saran, mungkin kamu ingin memberikan pelindung layar untuk Vivo V11 Pro ini.

Performa
Vivo V11 Pro Review Performa- PonselNow

Vivo V11 Pro memiliki performa yang kencang berkat perpaduan chipset Qualcomm Snapdragon 660 dengan RAM 6GB dan memori internal 64GB. Maka, gadget ini tidak memakan banyak waktu untuk masuk kedalam UI dan rata-rata performanya tidak buruk. Smartphone ini juga sangat cocok dalam gaming dan editing video dan foto, bahkan jika kamu ingin melakukan tugas yang berat seperti mengedit video 4k ataupun full HD yang bisa bekerja diatas rata-rata juga. Dan juga tidak ada kabar bahwa smartphone ini gampang panas ketika digunakan bermain game selama hampir 4-5 jam.

Contoh saja game-game populer mulai dari PUBG Mobile hingga Mobile Legends. Keduanya dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti. Khusus untuk PUBG Mobile, secara default game akan berjalan di pengaturan grafis medium.

Dari sektor audio, Vivo tidak membenamkan fitur khusus untuk mendongkrak kualitasnya. Meski begitu, speaker pada V11 Pro sudah terdengar cukup lantang dan jernih untuk mendukung kamu menikmati konten pada layar. Juga, Vivo V11 Pro Memiliki tempat penyimpanan sebesar 64 GB yang dapat diperberbesar sampai 256 GB slot MicroSD.

Walaupun Vivo merupakan smartphone “Mid-range” Akan tetapi Vivo V11 Pro memiliki kemampuan yang diatas rata-rata smarphone “Mid-range”. Sangat bekerja dengan baik, animasi yang sangat lembut dan tidak lambat. Dengan sedikit sentuhan kedepannya bukan tidak mungkin Vivo akan menjadi gadget premium

KameraVivo V11 Pro Review Kamera- PonselNow
Kamera adalah salah satu fitur yang diandalkan Vivo , dibanding smartphone sebelumnya, Vivo V11 Pro dibekali kamera dengan kualitas fotografi yang lebih baik. Sensor yang digunakan memang berbeda. Di belakang, ada konfigurasi kamera ganda yang terdiri dari 12 megapixel f/1.8 + 5 megapixel f/2.4. Sementara di depan, ada kamera selfie 25 megapixel f/2.0.

Kamera belakang inilah yang menurut kami mengalami peningkatan dibanding V9. Dari spesifikasinya, terlihat kamera belakang V11 Pro sudah mengusung sensor Dual-Pixel yang sensitif terhadap cahaya, serta memiliki dukungan kecerdasan buatan seperti AI Scene Recognition dan AI Portrait Framing.

Nama yang disebut terakhir mungkin terdengar asing bagi Anda. Intinya, fitur ini akan membantu Anda mendapatkan komposisi foto yang paling optimal di sebuah frame. Ketika posisi objek dirasa kurang tepat, AI akan memandu Anda menggeser kamera ke posisi tertentu.Vivo V11 Pro Review Kamera 2- PonselNow

Dan yang tidak kalah menarik, kamera V11 Pro juga dibekali dengan Anti-Backlight AI HDR. Yang berfungis memudahkan memotret meski background di belakang objek lebih terang. Dengan bantuan Ai, maka kamera secara otomatis akan bisa menangkap banyak foto, mengatur kembali exposure yang tidak tepat, serta mempermak latar belakang secara otomatis.

Vivo V11 Pro Review Kamera 3- PonselNowUntuk perekaman Video Vivo V11 Pro memiliki kemampuan rata-rata, bukanlah yang terbaik tetapi cukup meyakinkan. Untuk video secara keseluruhan biasanya jelas dan tidak blur. Akan tetapi, pada siang yang terik bisa saja kelebihan exposure di area tertentu. Kamu dapat merekam video dari resolusi full HD sampai dengan 480p juga.
Sebagai tambahan kamu mendapatkan fitur Slow-mo dan Time lapse bersamaan dengan Face Beauty video dan filter-filter yang berbeda. Dengan Kesimpulan tersebut maka kamera yang dimiliki Vivo V11 pro bukanlah masalah, dan cukup bagus di harga yang ditetapkan, warna , kejelasan dan noisenya juga sudah dihilangkan.

BateraiVivo V11 Pro Review Baterai- PonselNow
Nampaknya Vivo V11 pro juga sangat mempunyai kemampuan yang mumpuni di bidang baterai. Dengan kekuatan 3400mAh yang tidak dapat dilepas sayangnya. Pada penggunaan yang minimal smartphone ini dapat bertahan hingga 1 hari penuh, jika digunakan untuk hal-hal yang berat seperti menonton video , browsing ataupun bermain gim maka kurang lebih bisa bertahan selama 10 jam.

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, terdapat juga software penghemat baterai. Seperti mode Normal dan kamu juga dapat mengaktifkan “Low-power Mode” yang bisa mengurangi frekuensi penggunaan frekuensi CPU/GPU, menurunkan kualitas keterangan, menutup Wi-fi, Bluetooth dan pemakaian baterai yang lainnya. Dan ada juga Super Power-saving mode yang hanya bisa menggunakan kontak, SMS dan hanya jam saja.

Ada juga tambahan V11 akan mendapatkan teknologi Dual Engine Fast Charging, yang bisa mengisi daya sebesar 60-70 % hanya dengan setengah jam saja.Dengan begitu maka performa baterai tidak akan membuat kamu kecewa dan dapat membandingkannya dengan kualitas baterai di segmen yang sama.

Jovi dan Google LensVivo V11 Pro Review UI1- PonselNow
Vivo V11 Pro mengadopsi FunTouch OS 4.5 berbasis Android 8.1 Oreo. Secara default, user interface-nya tidak memiliki app drawer. Semua aplikasi bisa Anda akses hanya dengan menggeser halaman Home.

Bloatware tetap ada, tapi jumlahnya tidak banyak. Anda disuguhkan beberapa fitur bawaan yang cukup menarik, misalnya Kids Mode yang bisa membatasi penggunaan ponsel untuk anak dan Motorbike Mode yang sesuai namanya cocok digunakan saat Anda sedang mengendarai sepeda motor.Vivo V11 Pro Review UI2- PonselNow

Vivo juga menyediakan opsi sistem navigasi baik menggunakan tiga tombol virtual di bagian bawah layar maupun memakai gesture. Fungsi Smart Split, mode One-Handed, dan App Clone tidak lupa dibenamkan.

Bagi yang doyan main game, Game Mode terbaru akan membantu Anda bermain dengan lebih nyaman tanpa gangguan notifikasi atau penggilan telepon. Dalam mode ini juga Anda bisa memanfaatkan fitur Auto Gaming yang akan membuat game tetap berjalan meskipun layar terkunci. Sangat berguna ketika Anda harus melakukan sesuatu di tengah permainan.
Vivo V11 Pro Review UI3- PonselNow

Namun dari beberapa fitur di atas, kemampuan paling menarik dari FunTouch OS 4.5 adalah Jovi. Bagi yang belum tahu, Jovi (enJOy Vivo’s AI) adalah asisten virtual berbasis AI yang mampu memahami apa yang dibutuhkan penggunanya.
Jovi secara otomatis akan menyajikan berbagai informasi penting seperti ramalan cuaca hari ini, hasil pertandingan tim favorit Anda, dan sebagainya. Bahkan, Jovi akan memastikan apakah Anda terlambat ke kantor dan bagaimana kondisi Anda.
Vivo V11 Pro Review UI4- PonselNow
Fitur keren lainnya adalah Google Lens. Melalui fitur berbasis AI ini, Anda bisa melakukan pencarian terkait objek yang ditangkap oleh kamera, mulai dari bangunan ikonik di sebuah kota, mengidentifikasi tanaman atau hewan, hingga informasi soal produk mulai dari harga hingga di mana Anda bisa membelinya. Walaupun pada praktiknya tidak selalu akurat, setidaknya fitur ini akan bermanfaat saat Anda bepergian ke luar negeri.

SPESIFIKASI VIVO V11 PRO
Layar Super AMOLED 6,41 inci Full HD+
SoC Qualcomm Snapdragon 660 AIE
RAM 6GB
Memori internal 64GB
Kamera belakang 12 megapixel f/1.8 + 5 megapixel f/2.4
Kamera depan 25 megapixel f/2.0
Sistem operasi FunTouch OS 4.5 berbasis Android 8.1 Oreo
Baterai 3400 mAh (Dual-Engine Fast Charging)
Fitur Screen Touch ID, Face Access, Jovi
Harga Rp4.999.000
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like