Review Google Pixel 3 & XL : Kamera terbaik

Ahmad Aryanto
Total
12
Shares

Perbandingan spesifikasi iPhone XS & XS Max dengan Google Pixe 3 & Pixel 3 XL

PonselNow – Seperti rumor-rumor tentang Pixel 3 dan XL yang telah kami post, kelihatannya tidak banyak yang berubah dari kabar yang telah beredar. Perubahan signifkan adalah Notch yang cukup besar dari smartphone manapun. Smartphone ini berfokus pada kemampuan kameranya sama seperti flagship Lumia dulunya.


Courtesy of : Google

Jika dibilang keluaran flagship generasi ketiga dari Google sepertinya akan sangat menjanjikan bahkan bisa menjadi salah satu smarphone “Kamera” terbaik di 2018. Walaupun fiturnya menjanjikan akan tetapi tidak memiliki pemindai sidik jari, pemindai muka 3D ataupun spek-spek lainnya, flagship Google Pixel 3 dan XL akan tetap lebih berfokus pada kamera seperti pendahulunya.

Yang bagus

  • Layar lebih besar dan lebih baik
  • Desain yang indah
  • Kamera yang maknyus dan wide-angle
  • Front Facing speaker yang jelas(XL)

Yang kurang

  • Bezel atas dan bawah yang besar.(Pixel 3)
  • Notch yang besar ( XL)
  • Mudah tergores
  • Software update didahulukan di Amerika

Demikian, jika kamu menyukai produk Pixel yang sebelumnya maka kamu akan menyukai ini. Untuk itu mari kita lihat review apa saja yang diandalkan pada jargon Google kali ini.

Design – Notch yang tidak biasa


Courtesy of : Google

Pixel 3 dan Pixel 3 XL memiliki desain yang hampir sama dengan Pixel 2, akan tetapi dengan beberapa perkembangan dalam banyak hal. Walaupun sedikit update display yang diberikan, akan tetapi smartphone ini tetap merupakan Pixel seperti biasanya. Sekarang, dari atas kebawah ditutupi oleh bahan-bahan kaca dari Corning Gorilla Glass 5 di sampingnya memiliki aluminium rail, yang merupakan fashion smartphone kekinian pada 2018. Saran dari kami gunakanlah case,dikarenakan Pixel 3 yang sangat halus mudah tergores.

Kamu juga dapat melihat design seperti 2 pola karena bagian bawahnya memiliki design matte halus ketika dipegang diantaranya. Kini Pixel 3 dan XL tersedia dengan 3 warna yaitu Hitam, Putih, dan Not Pink (ya, ini merupakan namanya). Yang membedakan dari ketiganya adalah bagian power button memiliki warna berbeda.

Courtesy of : Google

Untuk Warna Putih memiliki power button berwarna mint, Not pink memiliki power button berwarna jinga dan yang hitam memiliki Power button hitam secara keseluruhan. Dan FYI. Google mencat USBC port dengan warna hitam yang merupakan sentuhan yang menakjubkan untuk memperlihatkan warna hitam secara keseluruhan.

Sementara itu, Pixel 3 terasa lebih berat seperti biasanya karena terbuat dari bahan kaca akan tetapi secara keseluruhan terasa nyaman, tombol-tombolnya sangat mudah ditekan dan sangat terasa seperti premium ketika dipegang. Juga masih terdapat tombol squeeze pada assistant (yang tidak sama seperti tombol bixby) dan memiliki Wireless-charging berkat desain kacanya.
Dengan tambahan IP6.8 Water Resistant, yang sangat bagus melindungi smartphone kamu dari air yang tumpah s ecara tidak sengaja.

Courtesy : Marquees Brownlee

 

Untuk slot SIM card Google memindahkannya kebagian bawah dan untuk semua tombol ke bagian kanan. Akan tetapi dibagian kiri sama sekali tidak ada tombol / kosong. Yang membuatnya semakin halus akan tetapi membuatnya sangat licin ketika dipegang walaupun.


Dan untuk bagian depan, merupakan hal yang paling banyak dibicarakan pada saat bocoran-bocoran yang ada pada internet. Dan fokus kali ini terhadap Notch, ya notch yang lebih besar dari yang lainnya. Notch yang dimiliki Pixel 3XL sangat tinggi dan lebih besar. Untuk Pixel Biasa tidak memiliki notch seperti yang dimiliki XL.

Google juga tidak lupa memberikan speaker bagian depan kepada Pixel 3 XL, dan 2 kamera depan. Tidak ada smartphone yang melakukan ini lagi(Selain Razer pada Raze phone 2), yang merupakan tambahan yang bagus untuk flagship masa kini.

Layar dan Bezels

Courtesy of : Google

Layar pada Pixel 3 dan Pixel 3 adalah kemajuan yang signifikan ditawarkan oleh Google. Pada Pixel 3 XL, kualitas warna dan brightness juga mengalami kemajuan yang sangat signifkan tidak seperti Pixel 2 XL tahun lalu, Warna merah semakin merah dan layar yang terang semakin terang. Akan tetapi tidak ada kemajuan pada Pixel 3 di bagian layar karena pendahulunya cukup tidak ada masalah.

Seperti yang kita bahas di desain notch 3 XL mempunyai notch sangat besar dan panjang. Akan tetapi Pixel 3 biasa tidak memiliki notch yang sama, XL memiliki display sebesar 6.3 inch dan 960 x 1440 OLED Fleksibel. Layar jernih yang dimiliki juga hampir sama dengan One plus 6 ataupun iPhone 10s atau pun flagship lainnya.

Courtesy of : Google

Performa

Courtesy of : Google

Keluarga Pixel 3 bisa dibilang cukup standard untuk smartphone Android terkini. Dengan Qualcomm Snapdragon 845, 4GB/6GB LPDDR4X RAM dan 64 ataupun 128 GB internal storage yang tidak bisa ditambah dengan Micro SD slot. Walaupun dengan spesifikasi yang standar, Google Pixel 3 dan XL tetap berjalan dengan lancar dan sangat mulus tanpa lag.
Test GeekBench 4 memberikan skors kepada Pixel 3 di 8336, yang berada satu posisi dibelakang S9.

Untuk jangka waktu yang lama, RAM 4GB akan mengalami masalah jika digunakan sebagai gaming 3D jika dibandingkan dengan smartphone Razer 2. Akan tetapi tidak ada yang menghalangi user yang memakai ini sebagai kebutuhan sehari-hari.

Kamera – Fitur yang paling di unggulkan

Courtesy : Marquees Brownlee

Smartphone besutan Google ini memiliki salah satu kamera terbaik didunia mungkin saja yang terbaik diantara lainnya. Untuk hardware dan kamera biasanya google tidak mengupdate banyak hal, untuk kamera depan tetap menggunakan 12.2 Mp sensor dan tetap 1 buah. Walaupun sama seperti pendahulunya, akan tetapi hasilnya tidaklah selalu sama. Google membuat sangat banyak update software untuk meningkatkan hasil jepretan pada foto.

Dan juga Google tetap memberlakukan fitur HGR plus yang dapat mengambil banyak foto sekaligus dan digabungkan secara keseluruhan, menjadi gambar yang lebih baik. Tetapi untuk beberapa tahun lalu Google menjadi lebih baik dan lebih baik dalam menggunakan pixel visual core image processing chip yang digunakan untuk membuat fitur-fitur baru lainnya.

Walaupun banyak perusahaan smartphone yang meluncurkan fitur-fitur aneh untuk smartphone yang semuanya berakhir dalam sekali percobaan, maka bisa dikatakan hanya gimmick. Apakah Pixel 3 akan mengikut trend gimmick seperti ini atau nantinya akan berguna? Berikut adalah beberapa fitur kamera yang ada.

1. Topshot
Ini menggunakan kemampuan mesin untuk belajar sebagai pendeteksi kedipan ataupun foto-foto yang buruk. Dan akan menyarankan foto yang lebih baik dari foto-foto lainnya, ataupun kamu dapat memilih yang kamu inginkan nantinya.
2. Motion Auto focus
Sangat berguna dalam foto dan video, yang dapat melacak subjek foto tetap fokus dan tidak. Juga ditambah dengan stereo mik semakin bagus daripada mik biasa yang ada pada Pixel 2
3. Super Resolution Zoom
Jika dilihat fitur ini terlihat sangat keren, Google menggunakan getaran tanganmu untuk mengambil data tambahan ketika melakukan zoom. Google juga mengklaim tidak memerlukan lensa telephoto.
4. Night Sight
Fitur ini juga sangat berguna bagi kita, mengapa? karena kamu dapat menciptkan foto dalam gelap yang mungkin tidak ada tandingannya. Akan tetapi fitur ini belum di update hingga akhir tahun.
5. Photobooth
Menjepret secara otomatis pada foto bersama teman-teman kamu dengan durasi yang telah ditentukan.
6. Google Lens

Courtesy : The Verge

Memfoto sebuah tulisan kemudian kamu dapat mengcopy dan paste dari sebuah foto. Dan bagi yang suka belanja dan lupa apa nama yang ada disekeliling anda maka Google akan menunjukkan barang apakah itu dan berapa harganya. Serta automatic compose email dari gambar.
7. Grup Selfie
Fitur ini membuat foto grup selfie sehingga muat lebih banyak orang dalam 1 foto ketika melakukan zoom out. Akan tetapi kamu akan mendapatkan distorsi aneh pada lensa wide-angle dan tidak dapat dihandarkan. Akan tetapi tidak begitu kelihatan dan untuk for fun saja.
Beberapa fitur diatas mungkin akan kamu gunakan, mungkin juga tidak. Tetapi kebanyakan dari fitur tersebut sudah tertanam dari awal bukan mode special, jadi bisa dikatakan ini ada penyempurnaan. Foto-foto ini juga mengalahkan hasil jepret dari Pixel 2 dan iPhone XS, dan memiliki tingkat kesalahan yang lebih rendah.

Berikut adalah foto-foto perbandingan yang kami kutip melalui The verge.

Courtesy : The Verge

Courtesy : The Verge

Courtesy : The Verge

Dalam secara keseluruhan Pixel 3 memiliki kamera HDR terbaik diantaranya dan lebih terlihat indah. Pixel 2 merupakan kamera yang terbaik pada waktunya, begitu juga kami meyakini Pixel 3 akan menjadi yang terbaik dalam kamera untuk saat ini.

Software
Courtesy : Marquees Brownlee

Fitur Software terbaru dan terkerennya adalah call screening yang didukung oleh Google Duplex yang akan dikeluarkan dalam beberapa waktu kemudian, akan tetapi Indonesia mungkin akan lambat. Fungsi Google Duplex ini adalah ketika ada seseorang yang menelepon di Flagship Pixel 3 anda, kamu bisa menerima, menolak ataupun mengalihkannya ke call screen. Yang dimana akan langsung berinteraksi dengan Google Assistant, kamu juga dapat melihat transkripsi live yang dilakukan dan kamu dapat menolak atau menerimanya.

Shush mode ada fitur yang membuat smartphone anda dalam mode silent ataupun do not disturb, yang jika ditaruh dibalik layar maka akan otomatis mematikan layar.
Sesuai Google katakan semuanya, kecuali pada shush mode akan menjadi ekslusif pada Pixel 3 dan tidak dapat ditemukan pada Pixel 2. Walaupun hanya software akan tetapi itu merupakan fitur Pixel 3.

Software Android Pie 9 Google yang terbaru juga ikut dibenamkan didalamnya, salah satu fiturnya adalah membatasi penggunaan apps agar baterai tidak cepat habis. Membuat smartphone Pixel 3 semakin indah dan lancar.

Baterai
Pixel 3 memiliki kapasitas baterai hingga 2915 mAh, yang lebih kecil sedikit daripada yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S9. Akan tetapi ini merupakan suatu perkembangan dari pendahulunya yang hanya memiliki 2700 mAh. Sedangkan untuk versi XL Google memberikan kapasitas baterai sebesar 3,430 mAh.

Baterai adalah kelemahan dari flagship Google ini bahkan dari jaman Pixel 1. Kamu dapat menggunakan smartphone ini 1 harian penuh dalam penggunaan yang tidak berlebihan. Akan tetapi kamu membutuhkan charger pada malam harinya. Karena kamu pasti akan menggunakan smartphone ini untuk berfoto ria.

Courtesy : Google

Ketersediaan dan Harga

Bagi kalian yang tertarik untuk membeli smartphone ini dengan model “unlock” bisa langsung mendatangi Google Store. Pixel 3 oleh Google mulai dijual dengan harga US$ 800 atau sekitar Rp12 jutaan, sedangkan Pixel 3 XL dibanderol mulai dari US$ 900 atau sekitar Rp13,7 juta.

Kesimpulan

Sejauh ini Pixel 3 sangat lah unggul dalam kamera dibandingkan smartphone lainnya. Dalam hal spesifikasi mungkin keluarga Pixel 3 bisa biasa saja. Tapi bagi penggila selfie dan fotogenic kamu harus memiliki smartphone ini. Smartphone ini juga sangat mahal jika, karena kurang lengkap dengan FaceID dan lainnya. Akan tetapi, memiliki software dan AI yang sangat mengesankan.

Alternatif lainnya?

Bagi kamu yang ingin lebih ungul dalam hal performa dan lebih ramah dikantong kami menyarankan iPhone XS Max, akan tetapi kamera,software dan AI tetap dimenangkan oleh keluarga Pixel .dikarenakan keluarga pixel telah dinobatkan sebagai ponsel termahal tahun ini.

Tapi jika kamu bukan penggemar Apple kami lebih menyarankan menggunakan Samsung Galaxy Note 9 yang juga memiliki kamera dan fitur-fitur yang mengagumkan serta performa yang lebih tinggi.

Haruskah dibeli?

Ya, jika kamu suka memegang dengan 1 tangan , penggila foto ataupun menggagumi software dan AI yang mengagumkan dari Google!

SPESIFIKASI Pixel 3 dan Pixel 3 XL
Prosesor Qualcomm Snapdragon 845
RAM 4GB LPDDR4x
Kapasitas Penyimpanan 64 or 128GB
Kamera Belakang 12.2-megapixel, 1.4-pixel ukuran mikro, f/1.8, 76 derajat penglihatan lapangan, Stabilisasi optik dan elektronik
Kamera depan Dual-kamera 18 megapixel
Kamera depan 25 megapixel f/2.0
Sistem operasi Android Pie
Lensa Wide-Angle dan Lensa Normal f/2.2, 97 derajat penglihatan lapangan dan f/1.8, 75 Derajat penglihatan lapangan, autofocus

 

  • Bluetooth 5.0
  • Gorilla Glass 5, IP68 water resistance
  • Pixel Visual Core, Titan M Security chip
  • One USB-C port, no 3.5mm headphone jack

Pixel 3

  • Layar: 5.5 inches, 2160 x 1080 OLED, 18:9, HDR
  • Dimensio: 68.2 x 145.6 x 7.9mm
  • Berat: 148g
  • Baterai: 2,915mAh

Pixel 3 XL

  • Layar: 6.3 inches, 2960 x 1440 OLED, 18.5:9, HDR
  • Dimensi: 76.7 x 158 x 7.9mm
  • Berat: 184g
  • Baterai: 3,430mAh
2 comments
  1. Kamera bagus nih Pixel 3 dan XL, iphone juga kalah. Tapi kalah di performa doang. lebih menyarankan Pixel 3 ketimbang jumbonya.

  2. Saya sudah mencoba ponsel Google Pixel 3 ini hasilnya cukup memuaskan dalam kamera, akan tetapi beberapa software mengalami error. bagaimana cara mencegahnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like