Review OnePlus6T : Flagship Murah Yang Tidak Murahan

Ulasan penuh tentang performa OnePlus 6T masih sama seperti dulu, mengalami peningkatan dan pembaikkan.
Ahmad Aryanto
Total
9
Shares

PonselNow – OnePlus adalah salah satu vendor Tiongkok yang tidak kenal lelah memperkenalkan produk mereka. Setelah merilis Oneplus 6 2 bulan lalu, Kini Oneplus pun merilis versi upgradenya yaitu OnePlus 6T.

OnePlus juga terus membuat 2 flagship dalam 1 tahun dimulai dari ET pada 2016, walaupun tidak terlalu berkomitmen dalam membuat T series mereka menjadi hal yang biasa. Unutk sebuah produk meluncurkan 2 flagship dalam 1 tahun tentunya sangat luar biasa, kemungkinannya juga tidak akan berhasil. Bahkan tidak terdapat teknologi atau upgrade-upgrade baru yang mungkin saja bisa membingungkan calon pembeli.

PonselNow - OnePlus 6T review layar

Akan tetapi tidak dengan Oneplus, mereka sepertinya lancar-lancar saja hingga kini merilis OnePlus 6T. Apasih keunggulan OnePlus 6? Yuk lihat skors OnePlus 6T disini.

Yang bagus

  • Display yang mengagumkan
  • Nyawa baterai yang panjang
  • Harga terjangkau untuk ponsel besar.
  • Performa yang mulus

Yang kurang

  • Kamera biasa saja
  • Pemindai sidik jari in-display susah membaca
  • Belum anti air
  • Loudspeaker tidak loud
  • Tidak ada wireless Charging

Desain – Teardrop NotchPonselNow - OnePlus 6T review Notch

Jika dilihat OnePlus6T tidak mempunyai perbedaan yang signifikan dengan pendahulunya OnePlus 6. Akan tetapi yang membedakannya adalah panel belakang yang lebih mudah dan indah, penambahan notch dan sensor sidik jari. Dengan layar display memanjang 6.4 inch dan tebal karena ukuran baterai. Merek terbaru 6T sedikit lebih jumbo daripada pendahulunya OnePlus 6.

Akan tetapi walaupun ukurannya Jumbo, 6T lebih nyaman dipegang karena bentuknya proporsional. Akan tetapi bagi kamu yang tidak menyukai flagship besar mungkin ini tetap menjadi masalah karena OnePlus tidak memberikan pilihan seperti iPhone XS Max dan Google Pixel 3 XL.

PonselNow - OnePlus 6T review Bodi Belakang

Bodi OnePlus 6T dibuat dengan kaca dibagian depan belakang, dengan material tersebut kita bisa katakan bahwa flagship ini sangat licin dan rapuh. Maka disarankan bagi kamu untuk memakai casing tambahan.

Untuk bagian bodi depan atas masih terdapat notch kecil, yang jika dilihat sangat minimalist. Akan tetapi kekurangannya adalah mudah kemasukkan pasir dan partikel-partikel. Notch tersebut juga tersemat dengan lensa kamera selfie, dan juga speaker dibagian paling atasnya.

Masih terdepat sedikit bezels dipinggiran bodi layar, akan tetapi tidak begitu kelihatan dan menambah kesan elegan ponsel ini.

PonselNow - OnePlus 6T review Bodi Depan

Pada bagian belakang hanya terdapat kamera dua lensa, karena sensor sidik jari sekarang sudah menggunakan fitur in-display. Untuk 6T headphone jack mulai dihilangkan, yang dimana keputusan itu sedikit mengecewakan. Akan tetapi OnePlus melakukannya karena keharusan desain ponsel milik mereka.PonselNow - OnePlus 6T review Samping

OnePlus 6T mengambil desain yang tidak mengecewakan dan meningkatkan di beberapa area yang kurang. Menjadikan OnePlus 6T salah satu smartphone yang menakjubkan yang bisa kamu beli dengan harga tidak terlalu mahal.

Bagi kamu yang tertarik untuk membeli OnePlus 6T tentunya tak perlu khawatir dengan tidak adanya port jack audio 3.5mm. Sebab, OnePlus telah menyediakan headphone USB-C Bullet yang dapat kamu beli dengan harga terbilang murah, yakni hanya US$ 20 atau sekitar Rp300 ribuan.

Baca juga :
Vivo V11 Pro Review: Eksklusif dengan Screen Touch ID!
Review iPhone X: Evolusi Terbaik di 10 Tahun iPhone
Review OPPO Find X : Kamera Geser Impresif

Display – Cerah dan Indah

PonselNow - OnePlus 6T review Display

OnePlus 6T datang dengan layar berukuran 6,4 inci dengan resolusi 1.080 x 2.340. Tipe layar yang diadopsi adalah AMOLED dan sudah diproteksi Corning Gorilla Glass 6. Begitu juga dengan panel belakangnya yang dilapisi kaca dengan perlindungan yang sama. Kamu dapat melihat karakterisitik nya dengan jelas ketika ponsel kamu dimiringkan dengan perubahan warna serta dengan corak RGB. Ketika kamu menggunakannnya kamu akan sangat nyaman dengan warna, kontras dan kejernihan layar ini.

Dengan aspek rasio 19.5:9, yang cukup tinggi dan 1080 panel, walaupun tidak sejelas layar yang dimiliki Huawei Mate 20 Pro ataupun Samsung Galaxy Note 9. Akan tetapi ponse-ponsel tersebut akan menurunkan resolusinya kebanyakan waktu untuk menghemat baterai, jadi itu tidak perlu.

Dengan adaptive mode, maka kamu dapat melihat bayangan dan area gelap di bodi ponsel 6T, dan hal ini menambah kecantikan ponsel kamu.

OnePlus juga menyuguhi sRGB dan DCI-P3 pada OnePlus 6T mereka, yang mengurang saturasi layar sebelumnya dan memberikan jumlah yang pas. Masih belum ada anti water resistance yang diberikan OnePlus maka kamu harus berhati-hati ketika bermain dengan air.

Pengamanan Biometrik

PonselNow - OnePlus 6T review In-Display scanner

Dengan pemindai sidik jari in-display yang merupakan teknologi terbaru sangatlah fantastis. OnePlus telah memberikan sensor yang ditanam dibawah layar, dan diklaim bisa membuka ponsel secepat 350ms.

Juga dengan tambahan animasi dan warna hijau yang terang, maka menambah ke-akuratan sensor saat menggunakannnya.

Pada kenyataannya, sensor ini tidak secepat yang diperkirakan. Kami membicarakan secepat kilat, sayang sekali setelah beberapa kali penggunaan. Kami mencopotnya dan harus memindai ulang sidik jari milik kami, dikarenakan akurasinya menurun perlahan-lahan.Untuk ketahanan juga kami tdiak mengetahuinya.

Selain itu, OnePlus juga menambahkan fitur super fast face unlock. Jika kamu menggunakan fitur ini, layar tersebut akan terbuka sebelum jari kamu menyentuh layarnya. Akan tetapi ini tidaklah aman dan tidak disarankan untuk diandalkan.

Software Dapat Diandalkan

Dibekali dengan Android 9.0 Pie dan didukung oleh Oxygen OS 9.0.3 yang sudah diinstall. Dan juga Oxygen yang memiliki pengalaman android yang mirip dengan antar muka smartphone Pixel.

Akan tetapi, apa yang baru? Ada Gaming Mode, yang bisa memblokir notifikasi, menyetting tingkat keterangan hingga maksimum secara otomatis, dan network data juga akan meningkat ketika kamu bermain gim.

Untuk bagian Display setting, ada ban

PonselNow - OnePlus 6T review Software

yak pilihan untuk membuat Oxygen OS seperti milikmu sendiri. Terdapat 4 pilihan untuk gaya display jamnya, menjalankan apps seperti versi kedua dari WhatsApp dan Facebook, meng-enkripsi loker untuk menyembunyikan apps, dan tida menunjukkan notfikasi. Bahkan terdapat animasi berbeda untuk pemindai sidik jari in-display. Tidak seperti kustomisasi Android lainnya, ini hanyalah sebuah pilihan, dan tidak terlalu membosankan.

OnePlus 6T yang mempunyai layar lebar memperbolehkan menggunakan sistem kontrol penggerak. Sama seperti iPhone XS dan sistem Huawei yang diperkenalkan lewat EMUI 9. Adalah sebuah pilihan dan bukan default, akan tetapi terasa lebih natural ketika digunakan dibandingkan tombol Android dibawah layar.

Men-swipe dari tengah akan kembali ke beranda, Menswipe keatas akan membuka app switcher, men-swipe ke kanan atau kiri kembali ke layar yang dulu. Walaupun fitur ini membuat nyaman, akan tetapi ini bukan sistem kontrol penggerak terbaik. Kamu harus benar-benar melakukan swipe agar bekerja karena tidak sensitive.

Kabar baiknya adalah tidak mengalami masalah stabilitas dan kecepatan  untuk Oxygen OS.

Performa – Lebih garang dan cepat

PonselNow - OnePlus 6T Showcase

OnePlus 6 sebagai pendahulunya yang mempunyai kecepatan yang mumpuni, sudah tidak diragukan lagi 6T juga akan mengikut jejaknya tersebut.

Dengan prosesor Snapdragon 845 dan RAM 6GB atau 8GB. Dengan itu maka kamu dapat mengkustomisasi pilihan ram dan kapasitas penyimpanan. Dengan 6GB/128GB, 8GB/128GB, ataupun dengan konfigurasi yang lebih tinggi 8GB/256GB.

Berikut adalah skor Benchmarksnya :

  • AnTuTu 3DBench: 295,082
  • Geekbench 4 CPU: 2,414 single-core; 8,949 multi-core
  • 3DMark Sling Shot Extreme:3,833 (Vulkan)

Dengan skor ini maka OnePlus6T melewati  Galaxy S9 plus , Galaxy Note 9 , LG G7 ThinQ dan Pixel 3 XL. OnePlus memang dikenal selalu mempermak skor Benchmark mereka, akan tetapi jangan terlalu berpatok kepada skor ini. OnePlus 6T merupakan ponsel cepat dan juga ramah dikantong yang pastinya.

Kamera – Tetap kualitas menengah

PonselNow - OnePlus 6T Kamera

Pada sektor kamera OnePlus hanyalah sama saja seperti kamera pendahulunya. Akan tetapi yang membedakannya hanyalah beberapa fitur software dan optimisasi seperti : Algoritma menghilangkan noise, deteksi sisi yang lebih baik pada saat portrait mode dan, meningkatkan deteksi gambar.

6T akan menjalankan gambar-gambar secara berbeda tergantung dimana hasil tersebut di deteksi, contoh makanan, pemandaan malan, ataupun pemandaan. Akan tetapi ini masih belum sempurna seperti AI yang dimiliki Google dan Huawei.

OnePlus 6T telah dibekali dual-camera belakang yang memiliki konfigurasi 16 MP + 20 MP dengan masing-masing aperture yang sama, yakni f/1.7. Kamera 16 MP berfungsi sebagai lensa utama yang sudah dilengkapi OIS, sedangkan kamera 20 MP berfungsi sebagai lensa telefoto.

Dual-camera belakang sebenarnya sama dengan OnePlus 6 terdahulu. Juga sudah dilengkapi dengan fitur HDR sehingga mampu menciptakan foto yang lebih baik dari pendahulunya. Ada juga dukungan Nightscape, yakni fitur baru yang berkaitan erat dengan memotret malam atau low-light.

Serta keduanya juga sangat bagus untuk membuat foto efek bokeh, tanpa memotong gambarnya.

Sedangkan untuk foto selfie ada kamera depan dengan resolusi 16MP.

Baterai

PonselNow - OnePlus 6T Charger

Didalam OnePlus6T dibekali dengan baterai 3.700mAh, yang dikatakan cukup pintar karena tergabung dengan beberapa komponen. Kompenen tersebut salah satunya adalah pemindai sidik jari in-display, serta merubah ukuran kotak speaker.

Dengan fitur baterai yang cukup besar, maka sekarang tidak lagi terdapat headphone jack. Dan menurut kami ini juga cukup bagus dan lebih memilih kapasistas yang lebih banyak.

Fitur fast-charging mempunya kabel dash charge yang bagus, akan tetapi masih belum memiliki wireless-charging.

Kamu dapat menggunakan smartphone ini 1 harian penuh dalam penggunaan yang tidak berlebihan. Akan tetapi kamu membutuhkan charger pada malam harinya. Karena kamu pasti akan menggunakan smartphone ini untuk mencicipi OnePlus 6T yang kaya fitur.

PonselNow - OnePlus 6T Charger 2

Ketersediaan dan harga
Berikut adalah harga ponse OnePlus6T:

  • Mirror Black 6GB/128GB – $549 atau setara dengan Rp.8.235.000
  • Mirror Black dan Midnight Black – $579 atau setara dengan Rp.8.68.500
  • Midnight Black 8GB/256GB- $629 atau setara dengan Rp.9.435.000.

Versi termurah dari OnePlus 6T lebih mahal sedikit dari OnePlus 6 terdahulu, sementara untuk versi 8GB harganya sama.
Ponsel ini sudah tersedia di Indonesia, di toko-toko yang menjual smartphone di seluruh Indonesia. Jika kamu berminat ayo jangan ragu untuk membelinya.

Kesimpulan
OnePlus terus memperbaharui smartphone mereka untuk mencapai kata sempurna. Memiliki sedikit kekurangan, dan beberapa lag, akan tetapi mengingat harga dan spesifikasi ini sudah lebih dari cukup.

Alternatif lainnya?
Menurut kami mengambil versi 6GB/128GB merupakan pilihan terbaik; membayar kapasitas yang lebih akan menambah umur ponsel. Tetapi menambah RAM sampai 8GB, kami masih meragukan apakah akan berpengaruh terhadap performa, dan juga banyak ponsel high-end yang akan dirilis lainnya.

Jika tidak dilihat dari harga kami menyarankan mengambil Google Pixel 3, iPhone XS, Huawei dll.

Dan jika kamu ingin menabung lebih banyak kami menyarankan untuk membeli Pocophone F1 dan Nokia 7.1

Haruskah dibeli?
Ya, Jika kamu pecinta smartphone berbentuk jumbo dan menginkan flagship dengan spesifikasi yang mumpuni tetapi tidak murahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like