Telegram Rilis Fitur Chatbox Anti Hoax, Caranya?

Ahmad Aryanto
Total
0
Shares

PonselNow – Dengan semakin dekatnya pilpres yang akan diselenggarakan minggu depan, maka kita juga harus menghindari hoax. Nah maka beberapa menghadirkan fitur yang diharapkan bisa mengangkal hoax-hoax tersebut. Salah satunya adalah Telegram.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo) bekerjasama dengan startup Prosa meluncurkan chatbot anti hoax untuk aplikasi Telegram. Fitur ini dapat diaktifkan melalui akun @chatbotantihoax. Chatbot anti hoaks ini merupakan sistem berteknologi AI yang mampu mengidentifikasi kata per kata yang mengandung unsur hoax.

Sistem ini mampu menjawab pertanyaan tentang hoax baik melalui kata maupun link artikel. Chatbot anti hoax hanya bisa mendeteksi kata dan artikel tidak bisa foto dan video.

Cara menggunakan chatbot anti hoax ini cukup mudah, berikut ulasannya.

  1. Pertama cari akun @chatbotantihoax di Telegram.
  2. Kemudian masukan kata atau link yang ingin Anda identifikasi apakah hoax atau bukan.
    Sebaiknya masukan kata yang banyak diberitakan.
  3. Setelah keyword dimasukan, maka chatbot akan mendeteksi apakah kata atau kalimat tersebut hoax atau bukan.
  4. Selanjutnya chatbot akan memberikan hasil apakah kata yang dimasukan hoax atau bukan.
Setelah muncul hasilnya, chatbot memberikan rujukan link tautan ke situs Stophoax.id. Anda juga dapat mengecek hoax di situs Stophoax.id.

Fitur chatbot anti hoax saat ini baru tersedia di Telegram. Selanjutnya Kominfo dan Prosa akan menerapkan chatbot anti hoax di WhatsApp dan Line.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

BLΛƆK PIИK Wallpaper Full HD Download 2018

PonselNow – Siapa sih yang tidak kenal dengan BLACKPINK? Girlband asal korea yang baru-baru ini ke Indonesia memanjakan para penggemarnya. BLACKPINK digadang-gadang merupakan salah satu girl grup tersukses pada waktu…
View Post

Microsoft Rilis Messaging App Baru, Kaizala

PonselNow – Meski sudah punya Skype, Microsoft ternyata masih ingin agar aplikasi serupa lain miliknya dipakai banyak orang. Namanya Kaizala, yang dinilai mirip WhatsApp. Dikutip dari ZDNe,Sabtu (10/11/2018), messenger berbasis Azure itu resmi keluar dari “garasi” percobaan Microsoft,…
View Post