Review Nokia 6.1 Plus : Ponsel Mid-End Tidak Berponi

Ahmad Aryanto
Total
0
Shares

Review Smartphone Nokia – Nokia dengan smartphone berbasis Android belum membuktikan dalam hasil penjualan, akan tetapi perusahaan ini telah membuat perkembangan, dengan keluarnya gadget terbaru yaitu Nokia 6.1 Plus, sebuah dobrakan yang bagus untuk segmen menengah. Walaupun mempunyai nama yang sama dengan Nokia 6.1, akan tetapi jangan tertipu. Keduanya adalah gadget yang berbeda, karena bukan versi besarnya atau mendekatinya. Inia da gadget yang sangat berbeda, Lebih modern dan lebih canggih. Walaupun hanya berbeda beberapa bulan saja setelah Nokia 6.1 dirilis.

 

Review Smartphone Nokia Banner - PonselNowAdapun perubahan yang signifikan yang terdapat pada 6.1 Plus adalah design notch. Suka atau tidak design notch ini sekarang sedang trend dikalangan smartphone yang dimiliki smartphone top-range, maka dari itu Nokia menawarkannya di kalangan menengah. Berikut adalah sekilas speks dari Nokia 6.1 Plus tersebut :

1. Body: Aluminum frame, Corning Gorilla Glass 3 front and back
2. Display: 5.8-inch, 2280×1080, 19:9 IPS LCD with notch
3. Rear Camera: 16MP f2.0 + 5MP f2.4 depth sensor, two tone LED flash, 4K30 video, EIS (1080p only)
4. Front Camera: 16MP f2.0 fixed focus, 1080p video
5. OS: Android 8.1 Oreo (Android One)
6. Chipset: Qualcomm Snapdragon 636, 1.8GHz 8x Kryo CPU, Adreno 509 GPU
7. Memory: 4GB LPDDR4X, 64GB eMMC 5.1, microSD support (up to 400GB)
8. Battery: 3060mAh, Quick Charge support
9. Connectivity: Dual SIM (hybrid), LTE Cat. 4, Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 5.0, GPS/GLONASS, USB 2.0 Type-C, headphone jack
10. Misc: FM radio, fingerprint sensor

Dilihat dari spesifikasi diatas kita dapat menyimpulkan bahwa Nokia 6.1 Plus adalah gadget untuk orang-orang menengah, akan tetapi lebih bagus. Salah satu alasannya adalah chipset Snapdragon 636, dan Memory 4GB LPDDR4X. Dan juga ada design kaca dan aluminium dan system dual kamera. Dengan desain produk yang “tidak murahan”, harga smartphone tersebut adalah 3,5 juta rupiah saja. Dengan itulah mari kita mengulas 1 per 1 apa saja keunggulan yang diberikan Nokia 6.1 Plus tersebut. Berikut adalah ulasannya :

DESIGN
Nokia 6.1 Plus merupakan smartphone untuk menengah keatas. Akan tetapi tidak mengurangi kualitas desain produk ini dan memastikan bahwa kualitas gadget ini terlihat lebih mahal dari aslinya.

Review Smartphone Nokia Design 1 - PonselNow

Desainnya dimulai dengan kaca yang terletak di samping dibungkus dengan case aluminium yang dibungkus depan dan belakang. Terlihat menyegarkan, dan dibelakangnya tentu saja memiliki fingerprint scanner. Serta dengan metal / aluminium tersebut memiliki bezel yang lebih kecil sehingga lebih mudah dan nyaman dipegang oleh 1 tangan. Ada juga dual kamera vertical yang terletak dibelakang , yang membuat gadget tidak terlalu flat/ datar. Kamera dan fingerprint scannernya memiliki garis berwarna krom disekelilingnya, yang terlihat menakjubkan.

Review Smartphone Nokia Design 2 - PonselNowPower button serta volume buttonnya juga mempunyai desain yang cukup menarik dan memiliki warna krom yang sama.Dengan besar display 5.8 Inch( dengan notch dan bezel yang minimalis) serta tebal yang hanya 8mm dengan pinggiran bundar, gadget ini bisa dibilang cukup nyaman di tangan pengguna yang dengan beratnya 151 gram juga cukup ringan.

DISPLAY

Review Smartphone Nokia Display 1 - PonselNow
Dengan 5.8 Inch Full HD + Panel LCD dengan aspek ratio 19:9, membuat notch semakin kecil(yang pertama sekali pada gadget Nokia). Layarnya tertutupi dengan Corning Gorilla Glass 3 dengan pertahanan anti gores juga. Tampilan ini sangat fresh dan indah, dengan harga yang ramah dikantong. Warna dan kontras juga sangat menakjubkan, yang harus diperbarui adalah tingkat terang layar tersebut.

PERFORMA

Review Smartphone Nokia Performa 1 - PonselNow
Tidak seperti flagship Nokia terduhulu, Nokia 6.1 Plus menawarkan spesifikasi yang cukup mumpuni. Dengan berbekal processor Qualcomm Snapdragon 636 dengan Kyro 260 cores, hampir sama seperti processor 8xx ke atas. Nokia 6.1 Plus juga semakin garang dengan RAM 4GB dan 6GB kapasitas internal, yang tentu saja bisa ditambah lagi dengan slot microSD.
Gadget ini sangat lah bagus untuk penggunaan sehari-hari. Tidak ada kendala dalam kebanyakan hal, akan tetapi kamu akan menemukan sedikit kendala jika kamu terlalu “memaksa”.

Sejujurnya performa ini cukup bagus dikalangan gadget mid-end, akan tetapi jika untuk gaming, gadget ini mungkin aka nada sedikit kekurangan.Bermain game yang ada diseluruh Playstore kebanyakan akan tidak menjadi masalah, akan tetapi jika bermain PUBG Mobile grafik dan detail permainan akan berada di posisi terendah. Juga terdapat framerate yang kurang mumpuni. Akan tetapi gadget tidak akan lebih mudah panas setelah bermain game. Secara keseluruhan Nokia 6.1 Plus tidak lambat , dikarenakan stok Android yang membantunya yang memakan sedikit RAM.

Untuk Baterai juga dibekali 3,060mAh dan Nokia 6.1 Plus juga dapat bertahan 1 hari penuh dengan penggunaan normal. Jika melakukan pengisian daya dari 0% maka akan membutuhkan waktu 2 jam 15 menit, dengan metode Quick-charging 3.0 yang bisa mengisi daya dari 0% ke 100% hanya dalam 80 menit.

Kamera

Review Smartphone Nokia Kamera 1 - PonselNow
Nokia 6.1 Plus juga memiliki dual kamera yang berada di samping, dengan 16 MP f/2.0 dengan sensor utama juga PDAF dan sebuah depth sensor 5MP f/2.4.
Pada siang hari, fotonya juga lumayan bagus, dan penciptaan warnanya juga cukup bagus. Gambar-gambarnya juga tajam dan menakjubkan dengan detail yang memuaskan pula. Kamera juga cepat dalam focus, kepada sebuah subjek dan sekelilingnya. Juga mendapati warna kulit secara tepat.Review Smartphone Nokia Kamera 2 - PonselNow

Pada situasi malam hari / cahaya yang kurang Nokia 6.1 Plus akan sedikit terlihat kekurangannya. Yaitu seringnya gambar yang diambil cukup blur dan juga lumayan tidak beraturan. Kamera depan sebesar 16MP f/2.0 bisa mengambil gambar selfie yang cukup menakjubkan, bahkan jika diambil di dalam ruangan. Hanya dengan 1 lensa saja, Mode bokeh juga bisa berjalan. Nokia 6.1 Plus juga bisa dijuluki sebagai gadget selfie yang juga diklaim kebanyakan flagship.

Review Smartphone Nokia Kamera 3 - PonselNowAda juga fitur Dual-sight, yang sebelumnya dinamakan “bothie”, yang bisa menangkap foto dan video dari depan dan samping kamera secara bersamaan. Secara keseluruhan kamera yang ada pada Nokia 6.1 Plus tidak lah terlalu buruk, akan tetapi orang-orang banyak berharap terhadap mid-end gadget.

Software

Review Smartphone Nokia Software - PonselNow
Nokia 6.1 Plus adalah smartphone yang berbasis Android One, maka dari itu di dibekali dengan Android Oreo 8.1, dengan tambahan update software July 2018 memberikan penglaman android stock yang tak terlupakan.
Dengan sertikasi Android One artinya kamu akan mendapat jaminan update sekuriti selama 2 tahun. Dan mungkin saja akan mendapat update Android Pie lebih cepat dari yang lainnya, dan juga mendapatkan Android Q.Review Smartphone Nokia Software 2 - PonselNow

Juga terdapat salah satu app kamera Nokia terbaik dan beberapa utilitas kustomisasi seperti menggeser kebawah pembaca sidik jari untuk membuka notifikasi, dan juga fitur gerakan double-tap untuk menghidupkan. Kamu juga dapat menekan tombol power 2x untuk lebih cepat membuka kamera seperti Pixel 2 XL.

Akan tetapi, gadget Nokia 6.1 Plus tidak menawarkan fitur “modern-gestured base navigation” , berarti kamu harus menunggu untuk Android Pie di upgrade untuk melihat hasilnya, jika kamu sudah mendapatkan fitur tersebut maka kamu akan terus menggunakannnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Cara Meng-cloning Berbagai Aplikasi di Android

Apa kamu ingin menginstal 2 aplikasi Social media atau games dalam 1 HP? Daripada menunggu orang membuatkannya untuk kamu, mending kamu gandakan aplikasi itu sendiri. Begini nih cara menggandakan aplikasi Android tanpa komputer!
View Post

Fast-Charging Tips, Kelebihan dan Kelemahannya

PonselNow – Fast-charging merupakan inovasi terbaru smartphone semua vendor pada tahun-tahun terakhir ini. Pertama kali diperkenalkan oleh Qualcomm pada  tahun 2013, dengan kode “Quick Charge”, telah berevolusi dan sekarang telah…
View Post