Iphone X Review banner

Review iPhone X: Evolusi Terbaik di 10 Tahun iPhone

Ahmad Aryanto
Total
0
Shares

Review Iphone – Flaghship Apple terbaru yaitu Iphone X( dibaca Iphone 10/Ten bukan eks) adalah salah satu gadget yang ditunggu pada tahun 2017. Dirilis pada tanggal 3 Desember 2018 di Indonesia. Mempunyai bahan internal yang sama seperti versi sebelumnya yaitu Iphone 8 dan Iphone Plus, mengurangi adanya bezel dan memberikan kesan yang lebih modern.

Bisa dibilang ini adalah gadget yang terkeren yang pernah ada akan tetapi tidak sempurna. Gadget ini juga memiliki harga yang lumayan “mengoyak” kantong kamu. Jika kamu menginginkan hasil yang maksimal maka kamu juga harus mengeluarkan yang maksimal juga. Berikut adalah Review iPhone X di Indonesia Yang akan kami ulas.

TAMPILAN YANG KEREN

Review iPhone X: Evolusi Terbaik di 10 Tahun iPhone 1 - PonselNow
Design dan tampilan khas Iphone sudah ada sejak terdahulunya yaitu Iphone 6, Tetapi semuanya akan berubah dengan Iphone X. Apple bukanlah vendor yang memulai tren dengan design “Tanpa Bezel” pada smartphone, yang dimana sisi-sisi disekitar layar dihilangkan untuk pengalaman layar besar dan imersif, akan tetapi merekalah yang membantu mempopulerkannya.

Gadget yang lain mungkin memiliki bezels yang lebih kecil , akan tetapi Iphone membiarkan sedikit hitam dipinggiran yang sangat bagus untuk melihat dalam keadaan terang.Dengan tidak adanya bezels yang tebal maka tidak ada ruang untuk home button, tidak ada Touch ID fingerprint scanner.

Review iPhone X: Evolusi Terbaik di 10 Tahun iPhone 2 - PonselNowReview iPhone X: Evolusi Terbaik di 10 Tahun iPhone 3 - PonselNow

Akan tetapi, Iphone X sekarang memiliki fitur pengenalan wajah yang mengobati kekecewaaan kita.Top notch yang dimiliki Iphone X lebih kecil, akan tetapi tidak memiliki sensor pemindaian-dalam seperti sebelumnya. Notch ini membutuhkan waktu lebih dari 1 hari adaptasi untuk menggunakannya, dengan adanya top notch tersebut juga menambah pengalaman layar imersif untuk menonton youtube Netflix juga lebih nyaman.Untul casing aluminium yang disamping sudah diganti dengan stainless steel.

Review iPhone X: Evolusi Terbaik di 10 Tahun iPhone 4 - PonselNow
Body depan dan belakang dilapisi oleh kaca, maka sangat disarankan memakai casing tambahan dikarenakan mudah pecah dan rusak jika terjatuh. Bahkan Iphone dinominasikan gadget yang paling mudah hancur pada tahun 2018.

Yang membuat Iphone X beda dari lainnya adalah ukuran yang lebih besar.lebih besar 4.7 inch dari Iphone 8, dan memiliki layar yang lebih besar dari Iphone 8 plus. Iphone X sangat nyaman di tangan dan kini lebih baik memiliki layar yang lebih besar dengan gadget premium.

PERFORMANCE SEMAKIN GARANG

Review iPhone X: Evolusi Terbaik di 10 Tahun iPhone 5 - PonselNowMemiliki prosesor Bionic A11 yang sama dimiliki oleh Iphone 8 dan 8 Plus yang juga membekali Iphone X. Performa sangat memuaskan – antarmuka juga sangat jernih, mengganti dari 1 app ke yang lain juga cepat.

Gim-gim seperti PUBG , Bully dan Monument Valley 2 juga bisa bekerja dengan sangat mulus. Tidak banyak perubahan selama 6 bulan pada Iphone X. Berikut adalah skors Benchmark yang dimiliki Iphone X.
 AnTuTu: 206,010
 Geekbench 4 CPU: 4,231 single-core; 9,877 multi-core
Adapun score AnTuTu tersebut sedikit lebih rendah daripada skors yang dimiliki oleh Iphone 8 dan 8S yang pada waktu perlisiannya mempunyai skors Bernchmark diantara semua gadget android. Adapun skors benchmark Iphone X dikalahkan oleh Galaxy S9 Plus yang memiliki skor 263,517, sementara Huawei P20 yang mengalahkan Iphone X dengan skors 210,342.

Iphone X juga menunjukkan cara baru menggunakan dan berinteraksi dengan iOS. Jika,kamu perhatikan kami tidak menyebutkan button home sebelumnya – ya secara ofisial sudah tidak ada lagi. Apa yang digunakan untuk menggantikannnya? Gerakan. Akses Control centre dengan mengslide kebawah dari atas kanan, dan tarik notification centerd dari bagian tengah atas notch. Jika kamu berada di App. Kamu akan melihat bar yang cukup panjang dibawah: swipe keatas untuk kembali ke menu Home.

Jika kamu memswipe keatas dan diam sejenak, kamu akan melihat aplikasi-aplikasi sebelumnya untuk multitasking.Semua membuka dan menutup aplikasi hanya dengan menggerakkan tanganmu saja. Semua animasi juga sangat indah dan mulus. Akan tetapi IoS dianjukan untuk menggunakan kedua tangan kamu, jika menggunakan 1 tangan akan sangat menyulitkan kamu untuk membuka Control center dengan 1 tangan kamu.Interaksi hardware juga sangat berbeda.

Ketika kamu ingin membuka SIRI hanya dengan menekan tombol lock saja. Mengambil foto juga cukup mudah- hanya ketuk tombol lock dan volume up secara bersamaan. Dikarenakan terlalu mudah maka akan terjadi ketidaksengajaan dalam memegang gadget akan otomatis menjadi mode foto. Fiture gerakan yang diberikan sangat bagus sebagai pengganti tombol home yang sudah hilang pada Iphone X.

Animasinya juga sangat keren , lancar dan futuristic.iOS 11 juga memberikan langkah baru kustomisasi, seperti design control center yang berbeda. Jika kamu ingin mengetahui lebih tentang iOS kami sarankan mengunjungi website Disini. Dilengkapi juga dengan RAM 3GB , CPU six-core , Kapasitas internal tanpa slot tambahan sebesar 64GB atau 256 GB, serta GPU yang didesain khusus(yang mempunyai 3 core dan mampu menjalankan AR pada 60 FPS , serta membuka gim 3D)

FACE ID DAN EMOJIS
Review iPhone X: Evolusi Terbaik di 10 Tahun iPhone 6 - PonselNow

FaceID adalah terobosan baru Apple, walau terlihat Apple sedang berjudi karena menggantikan fitur TouchID. Digantinya menggeser sidik jari sekarang dengan melihat gadget kamu dapat membukanya. Akan tetapi menurut beberapa orang fitur ini adalah sebuah kegagalan karena membuat semuanya lebih sulit.

Contohnya, dulu kita hanya perlu dengan menggeser maka kamu bisa melihat notifikasi yang ada di gadget kamu. Memang benar, jikalau FaceID hanya dengan menunjukkan wajah didepan hp maka voila terbuka lah gadget yang kamu miliki. Akan tetapi kamu tidak bisa melihat sekilas isi pesan yang ada, melainkan kamu harus menunjukkan wajah kamu lagi.

Jika ingin melihat pesan tanpa membukanya maka kamu harus ke notifkasi center lagi yang memakan waktu.Tidak hanya itu FaceID belum sepenuhnya sempurna terkadang ia bisa saja tidak mengenali wajah kamu. Contohnya ketika kamu memakai kaca mata dan berpose dengan angle berbeda maka FaceID akan menolak.

Fitur ini keren tetapi masih ada kelemahan pada awal penggunaan. Apple mengatakan FaceID akan semakin bagus kedepannya karena ia akan terus mengupdate model wajah yang dimiliki oleh diri kamu, dan itulah kenapa kami menyarankan jangan mereset profile FaceID kamu. FaceID juga bekerja didalam gelap, akan tetapi kamu harus mengarahkannya tepat di wajah kamu, tapi jangan terlalu dekat.

Review iPhone X: Evolusi Terbaik di 10 Tahun iPhone 7- PonselNowFitur yang keren lainnya adalah FaceID 3D- Mapping sensor dan kamera adalah Animoji. Bukalah bagian app pesan dan kamu akan melihat fitur baru yang sudah bisa mengirim emoji animasi kepada teman-teman kamu. Fitur ini bisa membaca bentuk/ rupa wajah kamu-dengan sangat tepat-dan merekam apapun yang kamu bicarakan, hampir sama seperti motion capture yang digunakan pada film.Kamu dapat mengirimkannya kepada siapapun, di Android maupun iOS, dan mereka dapat melihatnya karena tipe filenya merupakan video.

Fitur yang sangat menyenangkan, akan tetapi bukanlah sautu alasan untuk membeli Iphone X. Sama seperti perusahaaan flagship lainnya seperti juga memiliki fitur ini, akan tetapi tidak sedetail yang dimiliki Iphone X, yang membuktikan perbedaan kedua produk tersebut.

KAMERA YANG LEBIH MAKNYUS

Review iPhone X: Evolusi Terbaik di 10 Tahun iPhone 8 - PonselNow

Iphone X memiliki kamera yang sama dengan Iphone 8 plus: Fiture yang sama memiliki lensa lebar 12 Mp dengan f/1.8 aperture, akan tetapi telephoto 12Mp memiliki lensa yang lebih lebar f/2.4 aperture dibandingkan dengan 8 Plus yang memiliki f/28. Ini sangat membantu ketika kamu kekurangan cahaya dengan 2x optical zoom, sama dengan mode portrait yang juga menggunakan lensa telephoto. IohKedua kamera memiliki gambar pengstabil, yang pertama bagi Apple. Fitur tersebut berguna untuk mencegah keburaman yang diakibatkan oleh tangan kamu yang bergetar.

Kamera samping yang dimiliki juga tidak diragukan. Memberikan ketajaman warna yang sangat akurat, detail yang memuaskan, dan salah satu yang terbaik.Tidak banyak yang berubah terhadap kamera Iphone X dan Iphone 8S. Sejauh ini, Iphone X memiliki hasil kamera yang terbaik dibandingkan flagship yang lainnya.Review iPhone X: Evolusi Terbaik di 10 Tahun iPhone 9 - PonselNow
Kamera smartphone memiliki banyak peningkatan belakangan, terutama fitur rendah cahaya, walaupun Iphone X menakjubkan akan tetapi kemampuannya dibandingkan Samsung galaxy S9 Plus masih terbilang lebih bagus.

BATERAI
Baterai yang dimiliki oleh Iphone X sangat lah biasa, tidak lebih dan tidak kurang. Kemampuan bertahannya dalam sehari tergantung apa yang kamu lakukan. Secara umum, 1 harian penuh akan memakan 70% baterai, dengan menjepret foto, penggunaan app, browsing dan menjawab notifikasi. Jika ditambahkan lagi dengan penggunaan blueetooth , Google Maps, maka tidak akan bertahan sampai 1 hari. Untuk itu baterai yang dimiliki pada Iphone 8 Plus. Semua Iphone juga dilengkapi dengan mode fast charging. Akan tetapi charger regular akan dipisahkan dari box ketika pertama kali membeli, maka kamu harus membeli sendiri charger tersebut.

LAYAR

Review iPhone X: Evolusi Terbaik di 10 Tahun iPhone 10 - PonselNow
Iphone X mempunyai layar 5.8 Inch dibandingkan dengan Iphone 8 Plus, yang memiliki 5.5 inch.Dibalut dengan layar OLED yang pertama sekali ada pada flagship Iphone yang membuat layar terlihat lebih memuaskan.OLED mempunyai banyak sekali fitur seperti ratio yang lebih kontras dan pengalaman menonton yang lebih luas,warna juga cukup jelas dan terang.

Apple juga dilengkapi dengan Super Retina, yang dilengkapi dengan resolusi 1125×2436 resolusi pada 458ppi. Yang lebih besar sedikit jika dibandingkan dengan Iphone 8 plus yaitu resolusi 1080×1920 pada 401ppi.Akan tetapi itu bukanlah yang tertinggi, sebut saja Samsung galaxy note 8 memberikan 522ppi dan Sony Xperia premium berada pada 807 ppi.

Itulah secara kesulurahan review dari Iphone X, gadget yang sangat cocok buat anak milenial. Akan tetapi cukup mahal untuk gadget yang memiliki sedikit faktor X. Jika kamu memang tertarik kamu dapat mengunjungi Apple Store / distributor di seluruh Indonesia dengan harga 17-18 juta rupiah.

Dimensi 143,6 x 70,9 x 7,7 mm, 174 gram
Prosesor Apple A11 Bionic 6-core
GPU Apple GPU 3-core
RAM 3 GB
Storage 64/256 GB
Layar OLED 5,8 inci (2.436 x 1.125 piksel)
Kamera 12 MP+12 MP & 7 MP
Baterai 2.716 mAh
Sistem Operasi  iOS 11
Jaringan Single-SIM 4G
Konektivitas WiFi, Bluetooth, GPS, NFC
Interface Lightning port
Sensor FaceID, accelerometer, gyroscope, proximity, compass, barometer
Fitur lain AR-ready, fast charging, wireless charging, sertifikat IP67

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Fast-Charging Tips, Kelebihan dan Kelemahannya

PonselNow – Fast-charging merupakan inovasi terbaru smartphone semua vendor pada tahun-tahun terakhir ini. Pertama kali diperkenalkan oleh Qualcomm pada  tahun 2013, dengan kode “Quick Charge”, telah berevolusi dan sekarang telah…
View Post