LG V40 ThinQ Review – 5 kamera berbeda

Ahmad Aryanto
Total
4
Shares

PonselNow – Ponsel LG V40 ThinQ adalah smartphone keluaran terbaru yang pada tahun ini, dan kelihatannya kali ini LG hanya “memoles” produk-produk pendahulunya. Kenapa? Karena flagship ini mempunyai banyak kesamaan seperti pendahulunya yaitu V30S ThinQ, V35 Thin Q, dan juga LG G7 ThinQ, Akan tetapi yang membedakannya hanyalah kamera yang dimiliki V40.

PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (1)Photo : DigitalTrends

Terdapat 2 ekstra lensa, yang membuat total keseluruhannya adalah 5 kamera yang menambah keserbagunaan yang tidak sering ada pada smartphone lainnya. Harganya adalah 11-12 jutaan dengan harga tersebut kamu sudah bisa membeli 1 buah iPhone XS. Berikut adalah review Ponsel LG V40 ThinQ yang akan kami ulas.

Design yang dipoles

PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (2)
Courtesy : Google

V40 ThinQ bisa disebut memiliki kemiripan dengan LG V30 tahun lalu dan LG G7. Dari belakang, dilihat mirip sekali dengan V30 akan tetapi dengan tambahan 3 kamera dibelakangnya secara horizontal. Pemindai sidik jari diletakkan dibawah kamera tersebut agar lebih mudah digapai, akan tetapi sekarang tidak bekerja sekaligus sebagai tombol power yang dimana LG mengubahnya saat merilis G7.

Bodi belakangnya juga terlihat bersih dan simple, walaupun kacanya terlihat bisa “mengecap sidik jari” anda, dan seharusnya LG lebih kreatif terhadap pemilihan warna, karena pilihan warna Aurora Black terlihat sedikit membosankan(Morrocan Blue hanya tersedia beberapa wilayah lainnya). Kaca yang dimiliki juga terlekuk sampai ke pinggir, yang membuat V40 sangat nyaman dipegang- Yang membuat kamu tidak merasakan area-area kasar.

PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (3)PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (4)
Photo : DigitalTrends

LG juga sangat memamerkan V40 adalah hp yang sangat ringan dengan hanya 6.24 ons. Bagi kami, yang sungguh dikhawatirkan adalah ketahanan smartphone ini jikalau terjatuh. Aspek rasio  19.5:9 juga sangat mengesankan untuk smartphone sekelas LG.

Tombol power sekarang berada di sisi kanan, dengan pengeras suara dibagian kiri dan kunci A.I. dari G7 dipakai lagi dibagian bawah. Kunci A.I. berguna untuk memanggil google Assistant, dan bekerja sangat baik. Dan jika tidak sengaja menekannya, ini bukanlah suatu masalah(tidak seperti tombol Bixby). Jika kamu tidak ingin menggunakan Google Assistant, ad acara untuk mematikan fungsi tersebut. Akan tetapi membuatnya menjadi tombol yang kosong karena kamu tidak dapat memodifikasinya. Headphon jacknya berada dibawah, bersebelahan dengan port USB Type-C dan speaker yang menggebu dibawahnya.

Display

PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (5)Photo : DigitalTrends

OLED Screen yang dimiliki V40 lebih besar dari sebelumnya yang berada pada ukuran 6.4 inches, dengan  resolusi 3,120 x 1,440 (535.92 pixels per inch). Makin besar ukuran suatu smartphone maka semakin tidak mudah menggemgamnya. Untuk meningkatkan layar sampai ke rasio body, V40 memiliki notch, yang membuatnya semakin elok.

Layar V40 juga mendukung HDR10, dan terlihat tajam dan berwarna. Walaupun kemampuan layarnya tidak sehebat iPhone XS ataupun Galaxy Note 9 – dan demikian kita harus ke tempat yang cukup terang untuk memaksimalkan cahaya dari layar tersebut, kekurangan dari not lainnya adalah video tidak melewati notch tersebut, yang berarti pengalaman menonton film semakin berkurang.

Jika dilihat LG V40 memiliki layar OLED hitam pekat yang menakjubkan. Taruh wallpaper hitam dan kita dapat melihat kesan yang elegan dan dimana batas bezel tersebut. Walaupun besar V40 cukup nyaman di tangan dan terlihat tidak berlebihan. Tidak memiliki desain yang flashy atau warna yang menarik perhatian. Bisa dibilang hanya halus – smartphone ini sesungguhnya belum menggunggah selera kami terhadapnya di design.

PERFORMA MEYAKINKAN

Sama seperti kebanyakan flagship Android tahun ini, V40 ThinQ dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 845 dengan RAM 6GB. Juga terdapat 64 GB internal storage, dan sebuah MicroSD yang memungkinkan untuk menambah kapasitas dalam smartphone anda.

Setelah dilakukan beberapa percobaan yang dilakukan oleh DigitalTrends apps sangat lancar , multi-tasking tidak menjadi masalah, dan game seperti Alto Oddysey berjalan dengan sangat mulus.

Berikut adalah hasil dari Benchmar LG V40 ThinQ:

  • AnTuTu 3DBench: 223,287
  • Geekbench CPU: 2,310 single-core; 8,653 multi-core
  • 3DMark Sling Shot Extreme: 2,370 (Vulkan)

Skor tersebut juga sudah cukup menyaingi beberapa skor yang ada pada beberapa smartphone dengan prosesor yang sama. Walaupun V40 mempunyai skor yang agak dibawah diantaranya. Galaxy Note 9 memiliki skor Antutu 273,992 yang melebih V40, dan juga gadget yang lebih murah OnePlus 6, yang memiliki skor 269,191.

Akan tetapi hasil dari benchmark bukanlah menjadi suatu patokan bagus tidaknya suatu smartphone, Akan tetapi semua kegiatan berjalan dengan sangat lancar. Salah satu yang paling mengecewakan adalah V40 ThinQ berjalan di Android 8.1 bukannya Android 9 Pie, yang Google rilis awal agustus lalu. LG sebelumnya adalah manufaktur pertama yang merilis smartphone dengan Android versi terbaru dari yang lainnya (V20). Jadi sungguh mengejutkan kali ini LG tidak menggunakan versi Android terbaru.

Software / UI

Untuk software V40 ThinQ sangat biasa saja. Bukanlah yang terbaik, akan tetapi mempunyai beberapa opsi kustomisasi yang dapat diubah sesuai keinginan kamu. Contohnya ketika kamu tidak menyukai LG Smart Bulletin yang berada di kiri home screen?  Dari dulu kami tidak melihat ada kegunaan dibaliknya. Dan untungnya kamu dapat menghilangkannya.

Juga V40 ThinQ terdapat banyak sekali bloatware, yang rata-rata kebanyakan tidak bisa di uninstall, kecuali untuk bawaaan apps dan beberapa lainnya.

Kamera

PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (6)Photo : DigitalTrends

Kamera LG yang memiliki system 5 kamera yang ada pada V40 adalah kamera yang serba guna yang pernah ada pada produk LG. 3 kamera utama berada di belakang body: sebuah 12 lensa megapixel dengan f/1.5 aperture dan gambar penstabil optic; sebuah lensa 16 megapixel dengan 1/1.9 aperture; dan telephoto 12-megapixel yang menawarkan 2x optical zoom dengan f/2.4 aperture. Yang memiliki kemampuan untuk menjepret dalam jarak dekat, menggeser ke yang lebih luas, atau pun menggunakan kamera lensa biasa saja tidak kalah menyenangkan untuk di

Foto-foto tersebut sangat jelih, penuh warna, dan memiliki keseimbangan. Kami juga sempat melihat beberapa foto terlihat agak berlebihan, hanya dengan menajamkan ataupun menambahkan saturasi foto. Dan juga kamera standard juga memberikan kualitas yang menakjubkan dan pemotretan rendah cahaya. Kami juga berharap LG meningkatkan kedua kamera lainnya agar foto foto lainnya terlihat lebih konsisten.

Contohnya : Pada tempat cahaya yang kurang, lensa standar juga cukup meyakinkan, menangkap foto-foto juga hampir setara dengan iPhone XS ataupun Galaxy Note 9. Ganti ke telephoto atau pun lensa yang lebar, walaupun begitu, kualitas foto berkata sebaliknya. Foto-foto ada sedikit bercak, dan white balance nya juga cukup kacau, dan itu membuat kita tidak mau menjepret dengan kondisi pencahayaan tersebut.

Yang paling menakjubkan adalah jika kamu menekan salah 1 dari 3 tombol diantara lensa-lensa tersebut, kamu juga dapat melihat preview foto yang kamu ambil dari ketiga kameranya tersebut di waktu yang bersamaan. Ada juga fitur baru yang disebut Triple Shot. Dapat menangkap 3 foto sekaligus dengan 1 lensa. Yang cukup membantu, karena kamu dapat mengambil 3 foto dalam perspektif yang beda hanya dengan 1 tombol saja. Yang dapat mengambil semuanya dalam 3 detik lamanya.

Efek video V40 yang digabung bersama dalam 3 foto sekaligus terlihat bergimmick, efek yang sangat aneh, dan kita tidak mau membaginya ke social media.

Kamera A.I. kembali lagi, dan kami pikir ini adalah sesuatu yang tidak diperlukan karena harus menggunakan fungsi on off untuk menggunakannya. Fitur ini dapat mengenali pemandangan dan mencocokan foto jika itu bagus ataupun tidak, yang artinya meningkat intensitas saturasi, akan tetapi dapat mengubah exposure juga. Dalam hal ini bekerja dalam beberapa scenario, sperti potret makanan dan beberapa contoh dibawah ini.

PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (7) PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (8)Photo : Jullian Chattaku/ DigitalTrends – Bottom with AI , TOP with no AI.

PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (9) PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (10)Photo : Jullian Chattaku/ DigitalTrends – Bottom with AI , TOP with no AI.

Huruf V pada V40 artinya adalah video, dan walaupun tidak kelihatan ada pengembangan yang terlihat signifkan pada penjepretan video, tetapi LG memiliki fitur kealuaran terbaru yang disebut Cine Shot, yang memperbolehkan kamu mengambil video Cinemagraphs. Cinemagraphs adalah pencampuran antara foto dan video – sebagian foto, akan tetapi memiliki pergerakan didalamnya.

Akan tetapi fitur tersebut sudah ada di smartphone lain sebelumnya, contohnya pada Moto Z3. Kamu dapat membuat frame foto sampai kamu kira pantas untuk menggerakkannya. Kamu dapat memilih dan zoom secara lebih tepat. Ini adalah fitur yang cukup bagus dan menyenangkan ketika digunakan, akan tetapi kualitas gambar tersebut terkadang cukup buruk(Resolusinya adalah 1920 x 1080)

Kami ingin melihat beberapa peningkatan dalam penjepretan video, seperti fitur slow-motion seperti Galaxy S9 Plus, ataupun kemampuan untuk menjepret konten 4K HDR seperti Sony Xperia XZ2 Premium.Walaupun sistem kamera terkesan impresif, terdapat sedikit bug dan terkadang lamban. Ketika ingin menjepret gambar dalam beberapa waktu, app hanya akan memunculkan layar hitam dan tidak membuka kameranya. Karena itu, kita harus force close appnya dan meluncurkan ulang kamera tersebut.

Portrait Mode juga mempunyai masalah, ketika ingin mendaftarkan wajah akan sangat lama. Ini akan menguji kesabaran anda.Maka dari itu pengguna harus tetap diam ketika menggunakan fitur ini. Ketika sudah bekerja maka hasilnya sangat memuaskan. Kameranya juga sangat bekerja dengan baik ketika membedakan foto-foto blurry, dan efek bokehnya juga sangat terlihat.Dan semoga saja fitur fitur ini dapat diandalkan untuk kedepannya.

PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (11) PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (11)PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (13)Photo : Jullian Chattaku/ DigitalTrends

Sejauh ini kamera LG tidak sebagus competitornya dalam memberikan hasil yang terbaik.Terdapat opsi HDR, akan tetapi tidak lebih baik yang dimiliki oleh Google Pixel 2, Iphone XS  atau pun Note 9.

Terdapat juga 2 kamera depan di bagian body depan smartphone ini – masing masing terdiri  dari lensa standard kamera 8 megapixel dengan f/1.9 aperture. Lensa tersebut berguna untuk pemotretan grup, ataupun ketika kamu mau menjepret lebih banyak pemandangan pada selfiemu. Walaupun begitu hanya memiliki perbedaan 10 derajat yang cukup mengecewakan.

Kelebihan kamera lainnya

PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (14) PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (15) PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (16) PonselNow - Review LG V40 ThinQ 5 kamera (17)Photo : Jullian Chattaku/ DigitalTrends

secara keseluruhan, V40 ThinQ mempunyai kamera yang serba guna dan dapat menjepret foto dengan hasil yang maksimal dalam berbagai kondisi pencahayaan. Akan tetapi itu tidak cukup di poles. Foto-foto tersebut terlihat tidak konsisten jika dibandingkan dengan ketiga kameranya yang ada dibelakang. Kelebihannya adalah ketika mengganti dari  telephoto ke angle yang lebih lebar , yang membuat kita bisa lebih kreatif lagi.

Baterai
V40 ThinQ juga memiliki kapasitas 3000mAh baterai didalamnya, dan juga dapat digunakan 1 harian penuh. Dalam penggunaan normal, seperti social media, menjepret foto , bermain gim, dan menonton video, dapat bertahan kira kira 12 jam lamanya.

Dengan baterai ini segalanya jadi terasa lebih nyaman dan merupakan salah satu keunggulan dari LG V40 ThinQ. Didukung dengan wireless charging, dan teknologi Qualcomm pengisian daya cepat 3.0. Dapat mengisi daya sampai  1 jam setengah sampai 100%.

Bombox speaker yang keras

LG telah menambahkan salah satu fitur andalan lainnya yaitu V40: Boombox speaker. Fitur ini mengganti total bagaimana bagian tata letak V40. Walaupun hanya memiliki 1 buah firing speaker yang diletakkan di bagian bawah, akan tetapi seluruh bagian V40 digunakan sebagai area pemancar, yang sangat membantu keras/ tidak suaranya dengan suara bass yang juga cukup yang membuatnya semakin gahar.

Keseluruhan
LG V40 ThinQ lumayan memiliki inovasi tetapi tidak menarik perhatian kami, masih kurang juga beberapa peran penting dalam smartphone.Semoga saja kedepannya ada peningkatan pada kamera seperti image sensor, pemotretan dalam cahaya yang minim, kapasitas baterai yang besar dan yang lainnya.

Untuk itu jika ingin membeli device/ smartphone ini sebaiknya ThinQ Twice dulu deh ya guys, tapi jikalau anda  tertarik dengan fitur 5 kameranya kamu bisa dapat mencicipinya di Store LG terdekat.

 

KELEBIHAN

  • Layar OLED bagus
  • Tahan Lama
  • Performa kencang
  • Kamera serba bisa
  • Hi-res audio, great Boombox speaker, headphone jack

KEKURANGAN

  • Mahal
  • Beberapa Bloatware, tidak ada android Pie
  • Camera app bisa lambat , buggy

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Cara Meng-cloning Berbagai Aplikasi di Android

Apa kamu ingin menginstal 2 aplikasi Social media atau games dalam 1 HP? Daripada menunggu orang membuatkannya untuk kamu, mending kamu gandakan aplikasi itu sendiri. Begini nih cara menggandakan aplikasi Android tanpa komputer!
View Post