Google Hangouts Kabarnya “Mati” Pada 2020?[Update: Tidak jadi]

Ahmad Aryanto

PonselNow – Menurut laporan yang didasrkan dari 9to5Google, sebuah sumber yang cukup sering membocorkan fitur Hangout tersebut mengatakan bahwa messaging ini akan dicopot 2020, untuk para pengguna. Akan tetapi Hangouts Chat dan Hangout Meet akan tetap menjadi bagian dari Google’s G suite.

Platform chatting telah melakukan berbagai perubahan yang drastis sejak awal akan tetapi sekarang Google menghentikan pengembangannya, dan sekarang beralih fokus kepada services messaging baru mereka : Google Allo dan Duo.

Sebelumnya, Google meluncurkan Hangouts sejak 2013 sebagai penerus dari Google Talk. Dan sekarang adalah app Android yang sudah terinstal, grup chats, dan app chat bawaan yang dimiliki Gmail versi desktop.

Hangouts digadang akan dapat mendukung pengiriman pesan SMS agar app tersebut dan menerima SMS dan pesan-pesan Hangouts, akan tetapi implementasi aplikasi tersebut tidak solid. Terdapat banyak tekanan yang diarahkan ke Google karena hadirnya iMessage akan tetapi Hangout tidak dapat membendungnya.

Google kemudian meluncurkan app SMS lainnya yang dinamakan “Messages” (dan diganti menjadi Android Messages). Yang juga sangat cukup membingungkan, mengapa menghubungkannya ke SMS dan mencabut dukungan update 1 tahun kemudian.

Beberapa tahun kemudian, Google kembali meluncurkan Allo dan Duo sebagai aplikasi pesan instan yang mudah digunakan sebagai brand produk terbaru. Dan akhirnya merubah Hangouts menjadi grup bisnis ataupun gabungan chat. Secara keseluruhan, semua yang Google pelajari dari mengembangkan dan meluncurkan Hangouts adalah bagian dari Allo dan Duo.

Untuk sekarang, banyak yang sudah tidak menggunakan Hangouts setelah Google melakukan rebranding menjadi Hangouts Meet, akan tetapi jika kamu masih menggunkannnya. Tenang saja Google masih memberi kamu waktu sebelum mematikan aplikasi mereka.

Sebagai Informasi Google rupanya mempunyai rentetan aplikasi yang kurang popular seperti Google Reader (RSS reader), Google Buzz (Aplikasi kata pendek yang hampir sama dengan twitter), dan Google+ Social Network juga dikabarkan akan diluncurkan pada Agustus 2019.

Baca juga :
Smartphone 5G OnePlus Pakai Nama dan Desain Baru
Microsoft Rilis Messaging App Baru, Kaizala
Nokia 9 Punya Kode Nama Olympic dan Android Pie!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 712!

PonselNow – Setelah memperkenalkan Snapdragon 710 pada tahun lalu, Qualcomm di awal tahun ini memperkaya lini keluarga Snapdragon 700 Series dengan mengahdirkan Snapdragon 712. Seperti dikutip dari GSMArena, chipset ini dibangun lewat proses fabrikasi…
View Post

Spesifikasi dan Harga Realme 2 , Worth it ?

PonselNow – Mengikuti jejak yang Xiaomi lakukan dengan merilis Pocophone di India, Oppo juga membuat sub-brand baru yaitu Realme. Dengan itu Realme akan membentangkan lokasi penjualannya ke berbagai negara dan…
View Post