Ponsel iPhone Flex, Paten Ponsel Lipat Pertama Apple!

Smartphone semakin berlomba-lomba untuk menciptkan ponsel lipat, salah satunya adalah Samsung dan microsoft. Kini Apple juga ikutan loh! Seperti apa?
Ahmad Aryanto

PonselNow – Teknologi dalam gadget semakin maju belakangan ini, seperti yang kita ketahui Samsung yang lebih dulu berencana akan merilis ponsel lipatnya dengan nama Galaxy F. Akan tetapi yang lebih dahulu meluncurkan ponsel lipat tersebut adalah perusahaan asal China, Royole. Tentu setelah dilihat dan dicoba hasilnya belum cukup memuaskan, bisa dikatakan mengejar kata “pertama” dalam meluncurkan ponsel lipat.Ponsel iPhone Flex, Paten Ponsel Lipat Pertama Apple! - PonselNow

Yang terbaru adalah Microsoft yang juga berpikir akan mengusung ponsel lipat dengan nama Andromeda. Akan tetapi itu semua masih sebatas konsep, masih Samsung saja yang berani menunjukkan versi prototype pada Samsung Developer conference pada November lalu. Nah, bagaimana dengan Apple? Baru-baru ini Apple juga sepertinya ingin ikut masuk keranah ponsel lipat.

Diungkap oleh Patently Apple, terdapat sebuah paten yang berasal dari Cupertino di bulan maret 2018 dan baru saja diposting oleh USPTO hari ini. Bisa dilihat bahwa Apple memiliki konsep yang sedikit berbeda tentang bagaimana menciptakan ponsel lipat.

Dalam penjelasan diatas terlihat bahwa layarnya akan menggunakan panel OLED – dan Apple terlihat perlahan meninggkan layar LCD yang digunakan pada iPhone X. Untuk membuat layar tersebut tahan terhadap lipatan, Apple telah mengembangkan sebuah lapisan yang digabungkan dengan sebuah bahan polimer dan sebuah serpihan pigmen.

Ponsel iPhone Flex, Paten Ponsel Lipat Pertama Apple! 2 - PonselNow

Ketika digunakan pada layar panel OLED (melalui penyemprotan, pencelupan, atau bahkan pencetakan), lapisan tersebut merupakan bahan dasar pelindung yang dapat dilipat dan diputar tanpa pecah ataupun hancur dengan gampang.

Hal yang menarik lainnya adalah paten Apple menunjukkan bahwa sebuah ponsel tersebut dapat terlipat kedalam maupun keluar. Untuk sekarang, Ponsel Flex milik Samsung hanya bisa terlipat kedalam. Dilaporkan bahwa Samsung belum bisa membuat sebuah layar yang dapat meregang gerakan lipatan tersebut. Dan itulah mengapa Apple ingin melakukan fitur dan teknologi tersebut.

Baca juga :
Honor V2 Resmi Dirilis Dengan Kamera 48MP!
5 Cara Mengetahui Nomor IMEI Ponsel dan Fungsi IMEITips membuat konektivitas menjadi 4G secara paksa

Soal kapan dan dimana kita akan dapat mencicipi teknologi ini – masih hanya sebatas rumor. Ini hanyalah sebatas pengingat seberapa canggih yang telah kita gapai. Perusahaan-perusahaan tersebut masih harus terus mempertimbangkan apakah teknologi itu cukup bagus untuk dijual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Cara Aktifkan Mode Gelap di Android Google Chrome

PonselNow  -Awal tahun ini, Google dilaporkan tengah menggarap fitur mode gelap (dark mode) untuk peramban miliknya di ponsel berbasis Android. Kini, fitur tersebut sudah bisa dinikmati oleh pengguna Google Chrome di ponsel yang menjalankan sistem…
View Post

Spesifikasi Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro

PonselNow – Huawei akhirnya secara resmi telah meluncurkan dua smartphone flagship yang dikembangkannya, Mate 20 Pro dan Mate 20. Keduanya datang dengan dukungan otak terbaru, yakni Kirin 980. Huawei Mate 20 Pro…
View Post