Apple Ingin Tambah Fitur Canggih Untuk Medis di Smartwatch

Ahmad Aryanto

PonselNow Apple mengungkap sejumlah rencana di 2019. Apple mengklaim bahwa inovasi yang dilakukan akan terfokus pada kesehatan.

Untuk menopang inovasinya, Apple dikabarkan akan mengahadirkannya pada jam pintarnya.

Seperti diketahui Apple Watch Series 4 yang diluncurkan tahun lalu, hadir dengan kemampuan monitor detak jantung elektrokardiogram (EKG).

Fitur ini mampu mengecek ritme jantung setiap dua jam atau lebih. Jika terdapat lima pemberitahuan berturut-turut yang tampak tidak normal, itu memungkinkan jam tangan tersebut mengingatkan pengguna untuk segera menghubungi dokter.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus membuka aplikasi kesehatan di ponsel terlebih dahulu, lalu mengatur fitur EKG yang terdapat di jam dan menaruh jari telunjuk pada bagian control yang terletak disamping jam tersebut selama 30 detik.

Setelah fitur ini, seperti dilaporkan Mac Rumors, Apple dilaporkan tengah bersiap untuk meluncurkan fitur baru yang ditujukan guna membantu pengguna mengelola kesehatan dengan lebih baik pada perangkat jam pintarnya, atau penerus Watch Series 4.

Namun lebih lanjut, Tim Cook, CEO Apple belum membeberkan lebih jauh rencana masa depan perusahaannya di bidang kesehatan. Meskipun demikian, Cook menyebut Apple ResearchKit dan CareKit sebagai basis pembangunan sistem pengawas kesehatan di masa mendatang.

Apple Watch Series 4 juga  punya layar lebih jumbo dengan dua pilihan, yaitu 40 mm dan 44 mm, yang meningkat dari sebelumnya 38 mm dan 42 mm. Meski layar membesar, Series 4 ini lebih langsing dari Series 3 karena Apple memperkecil ukuran bezelnya.

Sistem operasi watchOS pun memanfaatkan layar lebih besar itu untuk menunjukkan beragam informasi yang lebih relevan. Sayangnya, dikutip PonselNow dari DigitalTrends, belum ada fitur layar always on yang mungkin sedikit mengecewakan.

Seluruh versi Series 4 ini dibuat dengan material keramik dan safir sehingga terlihat lebih elegan. Bagian jeroannya ditenagai dengan chipset baru Apple S4 yang memadukan CPU dual core 64 bit serta GPU powerful. Performanya diklaim 2 kali lipat gaharnya daripada Series 3.

Baca juga :
Fast-Charging Tips, Kelebihan dan Kelemahannya
iPhone XS Max review : Performa Sama dan Lebih besar
Cara Ubah Suara Notifikasi FB Messenger & WhatsApp

Belum diketahui apa spesifikasi yang akan diusung Apple Watch kedepannya. Apakah tetap menggunakan desain dan speks yang sama atau bahkan lebih gahar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Samsung Galaxy M20 Resmi Dirilis di Indonesia

PonselNow – Tidak perlu menunggu terlalu lama sejak peluncuran di India, Samsung akhirnya meresmikan kehadiran smartphone pertamanya dari keluarga M-series, Galaxy M20, di Indonesia. Bermain di kisaran harga 2 jutaan rupiah.…
View Post

Lagi, Benchmark Snapdragon 855 Salip Otak iPhone XS

PonselNow – Snapdragon 855 kembali diuji kemampuannya. Lagi, hasil yang ditorehkan chipset buatan Qualcomm ini mampu menyalip skor prosesor yang dipakai iPhone XS, yaitu Apple Bionic 12. Pengujinya adalah Antutu. Mereka memang kerap melakukan pengetesan…
View Post

IQOO Sub-brand VIVO yang Menggapai Gamer

PonselNow – Vivo akhirnya secara resmi meluncurkan produk pertamanya di bawah brand iQOO. Hadir sebagai smartphone kelas gaming, Vivo iQOO dibekali spesifikasi kelas atas yang menjanjikan performa kencang untuk menjalankan berbagai…
View Post

Honor V2 Resmi Dirilis Dengan Kamera 48MP!

PonselNow – Penghujung tahun 2018 semakin kian dekat, akan tetapi vendor-vendor smartphone tidak henti-hentinya merilis gadget terbaru. Seakan tidak kenal lelah, Huawei yang baru saja merilis Mate 20 Pro dan…
View Post