Windows Phone Resmi gugur dari Persaingan Smartphone

Ahmad Aryanto

PonselNow – Mari kita ucapkan, selamat tinggal kepada Windows Phone. Ya! Sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Microsoft ini secara resmi akan dimatikan pada tanggal 10 Desember 2019. Artinya, raksasa teknologi asal Redmon, Amerika Serikat itu tidak lagi memberikan support untuk Windows Phone.

Tentu saja, keputusan ini membuat beberapa pengguna perangkat berbasiskan Windows Phone bertanya-tanya. Hal ini terkait, apa yang harus dilakukan oleh pengguna Windows 10 Mobile? Microsoft sendiri merekomendasikan agar pengguna Windows Phone segera “berpindah” ke perangkat Android atau iOS.

Microsoft menyatakan siapa pun yang masih menggunakan perangkat Windows 10 mobile, atau dulunya disebut Windows Phone, harus segera beralih ke ponsel Android atau iPhone.

Perangkat yang berjalan dengan sistem operasi Windows 10 Mobile versi 1709 akan menerima tambalan dukungan keamanan hingga 10 Desember 2019. Sementara, Lumia 640 dan 640 XL pada versi 1703 hanya akan bertahan hingga 11 Juni 2019.

“Dengan Windows 10 Mobile berakhir dukungannya, kami merekomendasikan para konsumen agar pindah ke perangkat Android atau iOS,” sebut Microsoft di websitenya.

Oleh karena itu, raksasa teknologi yang dipimpin oleh Satya Nadella ini menyarankan kepada mereka yang masih memiliki smartphone Windows untuk secara manual melakukan backup menggunakan tools bawaan sebelum tanggal pembekuan tersebut tiba.

Adapun dengan Cortana, Microsoft telah memposisikan asisten suara itu bukan sebagai pesaing bagi Amazon Alexa dan Google Assistant. Dibanggakan oleh Microsoft, asisten suara yang dikembangkannya itu bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi platform yang dikembangkannya.

Windows Phone dulu sempat digadang bakal merangsek ke papan atas. Sistem operasi ini pertama kali rilis di tahun 2010 dengan nama Windows Phone 7.

Microsoft bahkan mengakuisisi divisi ponsel Nokia di tahun 2014 senilai USD 7,6 miliar untuk memperkuat Windows Phone. Tapi platform ini pada akhirnya tak pernah menanjak pamornya.a

Baca juga :

Melempemm, Essential Phone Tidak Lagi Dipasarkan
7 Keunggulan OPPO R17 Pro Ponsel Menengah Terasa Flagship
8 App Antivirus yang Setia Menjaga Ponsel Kamu

Namun pertanyaan yang tak kalah menarik yang kini muncul, apakah masih ada banyak orang yang saat ini menggunakan smartphone berbasiskan Windows Phone? Pasalnya, sistem operasi Android besutan Google atau iOSyang dibuat oleh Apple begitu mendominasi pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

WEBTOON CONTEST 2019 Dibuka, Berminat Ikutan?

PonselNow – LINE WEBTOON kembali menggelar WEBTOON CONTEST 2019 yang bertujuan mendukung para komikus lokal dalam mengembangkan bakat mereka. WEBTOON CONTEST sendiri diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 2015 lalu dan telah menghasilkan…
View Post