Facebook MERGER WhatsApp, Instagram, dan Messenger

Ahmad Aryanto
Total
0
Shares

PonselNow – Facebook dilaporkan akan mempersatukan tiga platform messaging kepunyaannya, yakni WhatsApp, Instagram serta Facebook Messenger. Jika sudah terlaksana, maka user akan dapat mengirimkan pesan di antara ketiganya.

Aplikasi WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger sendiri masih akan berbentuk stand-alone (terpisah). Namun, hanya infrastruktur back-end-nya saja yang bakal disatukan.

Selain integrasi layanan, pihak internal Facebook mengatakan bahwa pesan yang dikirim melalui tiga layanan itu juga bakal mendukung sistem keamanan end-to-end (E2E) encryption, seperti yang ada pada WhatsApp.

Enkripsi E2E sendiri merupakan sistem keamanan yang melindungi isi pesan di perangkat pengguna, agar tidak bisa dibaca di perangkat lain.

Integrasi itu memungkinkan pengguna mengirim pesan antar-aplikasi untuk pertama kalinya. Seperti dilaporkan BBC.

Pengguna Instagram misalnya, akan dapat bertukar pesan dengan pemakai Whatsapp dan sebaliknya. Kemampuan semacam ini membuat engineer Facebook dikabarkan bekerja keras untuk menyelesaikan beragam masalah teknis

Penyusunan ulang software ketiga layanan tersebut sehingga dapat terintegrasi dikabarkan sangat rumit. Zuckerberg juga meminta trio aplikasi messaging itu semuanya memiliki fitur penyandian end to end sehingga menjamin keamanan pesan yang terkirim.

Ketika dikonfirmasi New York Times yang pertama kali mengabarkan informasi itu, Facebook tidak membantah. “Kami ingin membangun pengalaman messaging terbaik yang kami bisa dan orang-orang juga ingin mengirim pesan dengan cepat, sederhana, andal dan privat,” kata Facebook.

“Kami sedang bekerja untuk membuat penyandian end to end di produk messaging dan mempertimbangan cara untuk memudahkan menghubungi teman dan keluarga di seluruh jaringan,” tambah mereka.

Baca juga :
Honor View 20 Bekerja Sama Dengan Brand Italia, Moschino
Nubia Red Magic Mars Varian 10 GB Meluncur Dijual Online
iPhone XI Dengan 3 Kamera, Rilis 10 September

Rencana tersebut masih berada dalam tahap awal. Diperkirakan, proyeknya baru akan selesai pada akhir tahun 2019 ini atau malah awal tahun 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Cara Meng-cloning Berbagai Aplikasi di Android

Apa kamu ingin menginstal 2 aplikasi Social media atau games dalam 1 HP? Daripada menunggu orang membuatkannya untuk kamu, mending kamu gandakan aplikasi itu sendiri. Begini nih cara menggandakan aplikasi Android tanpa komputer!
View Post

Microsoft Rilis Messaging App Baru, Kaizala

PonselNow – Meski sudah punya Skype, Microsoft ternyata masih ingin agar aplikasi serupa lain miliknya dipakai banyak orang. Namanya Kaizala, yang dinilai mirip WhatsApp. Dikutip dari ZDNe,Sabtu (10/11/2018), messenger berbasis Azure itu resmi keluar dari “garasi” percobaan Microsoft,…
View Post