App Inbox Milik Google Resmi Ditutup

Ahmad Aryanto
Total
0
Shares

PonselNow – Google sepertinya kian serius menghilangkan beberapa aplikasi dalam platformnya, setelah Google+, kemudian Allo, kini giliran inbox by Gmail.

Namun, sebenarnya desas desus penutupan Inbox bukan kabar baru. Tahun lalu Google sudah disebut-sebut akan menonaktifkan layanan yang cukup diandalkan penggunanya, namun kala itu disebutkan Maret 2019.

Kini, setelah memasuki bulan Maret layanan itupun masih bisa digunakan, ternyata perangkat bergerak dan peramban, Inbox by Gmail, akan ditutup Google pada 2 April mendatang. Sepertinya tidak terlalu jauh waktunya dengan penutupan Google+ yang akan tutup pada 7 April 2019.

Namun dalam beberapa hari terakhir, notifikasi ini dilaporkan menampilkan informasi lebih spesifik. Kini notifikasi ini memberikan lini waktu lebih akurat dengan jumlah hari yang tersisa sebelum Inbox benar-benar ditutup, dan tanggal penutupan jatuh pada 2 April 2019.

Sayangnya, setelahnya Google dilaporkan kembali berbohong kepada pengguna Inbox, mengklaim bahwa pengguna dapat menemukan fitur Inbox di aplikasi Gmail.

Phone Arena menyebut kebohongan Google karena Gmail hanya menerima update berisi kemampuan yang sebelumnya dimiliki Inbox, yaitu menunda email.

Gmail disebut belum didukung kemampuan lain milik Inbox seperti Trips, dan kemampuan menyoroti item yang dapat ditindaklanjuti di dalam email seperti lampiran, lokasi dan sebagainya.

Kini, setelah memasuki bulan Maret layanan itupun masih bisa digunakan, ternyata perangkat bergerak dan peramban, Inbox by Gmail, akan ditutup Google pada 2 April mendatang. Sepertinya tidak terlalu jauh waktunya dengan penutupan Google+ yang akan tutup pada 7 April 2019.

Seperti dilaporkan The Verge, Google sudah mengumumkan dengan kalimat,
‘Inbox sudah berakhir. Temukan fitur favorit Anda di Gmail yang baru,”

Seperti tertulis dalam landing page-nya tertampil hitung mundur layanan ini yang akan berakhir dalam 13 hari. Apabila dihitung, maka jatuh pada 2 April mendatang.

Aplikasi ini akan tak dapat digunakan lagi dalam 13 hari,” bunyi pesan itu. Pengguna dapat menemukan fitur menarik Inbox di aplikasi Gmail. Pesan email Anda telah menunggu di sana,” sambung pesan tersebut.

Alasan Google menghentikan Inbox by Gmail lantaran Google mendesain ulang Gmail yang menggabungkan hampir semua fitur utamanya. Selain itu, laman tersebut menyatakan, ini langkah terbaik bagi Google agar fokus pada satu aplikasi email saja.

Penggunanya diimbau segera download foto dan video (backup) sebelum tanggal penutupan, pengguna juga diarahkan langkah-langkap penyimpanan file yang ada di dalam Inbox dalam keterangan di landing page-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Cara Meng-cloning Berbagai Aplikasi di Android

Apa kamu ingin menginstal 2 aplikasi Social media atau games dalam 1 HP? Daripada menunggu orang membuatkannya untuk kamu, mending kamu gandakan aplikasi itu sendiri. Begini nih cara menggandakan aplikasi Android tanpa komputer!
View Post

Fast-Charging Tips, Kelebihan dan Kelemahannya

PonselNow – Fast-charging merupakan inovasi terbaru smartphone semua vendor pada tahun-tahun terakhir ini. Pertama kali diperkenalkan oleh Qualcomm pada  tahun 2013, dengan kode “Quick Charge”, telah berevolusi dan sekarang telah…
View Post